Jumat, 25 November 2011

Menumbuhkembangkan Karakter Professional Dalam Berkarir ,Bagi Pemula


Saya baru saja diterima pada sebuah perusahaan Distribusi barang dengan jumlah karyawan yang lumayan banyak,sebenarnya pekerjaan ini bukan cita cita saya,walau pun saya lulusan Sarjana ekonomi.Namun saya ingin belajar untuk sukses pada pekerjaan pertama saya,langkah apa yang saya harus lakukan.. ?


“Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. QS Al Azukraf :13-14

Kesadaran untuk sukses pada bidang kerja adalah langkah optimis menatap karir profesi,selanjutnya perlu dikembangkan karakter berkarir yang professional. Seperti :

Komitmen :Integritas anda terletak pada komitmen pribadi pada pekerjaan anda,berbekal keilmuan yang anda miliki semestinya anda dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan effisien.Komitmen terhadap kesungguhan mencapai target perusahaan yang dibebankan kepada anda tanpa mengeluh akan membuat anda ,lebih betah kerja di bidang yang belum anda kenal.

Disiplin : perwujudan dari komitmen anda pada pekerjaan tercermin dari sikap kedisiplinan dalam menjalankan tugas . Mulai dari disiplin waktu,disiplin dalam ketuntasan tugas serta disiplin dalam mentaati aturan perusahaan dapat membuat anda merasakan kebermaknaan dalam menjalani profesi.

Kerja keras : kerja keras bukan hanya menambah volume pekerjaan namun menyelesaikan beban kerja sesuai jadwal dan melampui deadline adalah bentuk kesungguhan anda dalam bekerja. Sehingga pihak lain juga dapat menyelesaikan tugas seperti jadwal yang telah ditentukan.

Team work : Guna sukses dalam menjalankan visi misi strategi perusahaan anda tidak menjalankan tugas anda tidak bisa bekerja sendirian . Dukungan rekan satu tim ,dukungan departemen / bidang lain amat berperan .karena mikilah kecakan membangun kebersamaan dalam team work.

Pelayanan : pelayanan kepada customer menjadi ukuran keberhasilan tugas anda. kenali “costumer anda”, internal perusahaan: atasan ,bidang kerja lain atau costumer sesungguhnya yaitu konsumen yang membeli jasa perusahaan anada. Pastikan mereka dapat terlayani dengan baik sehingga merasa puas costumer satisfaction. Layani dengan penuh ketulusan sesuai dengan prosedur yang jelas.

Kembangkan karakter professional ini guna menunjang keberhasilan masa depan karir anda.

Senin, 14 November 2011

How to be Professional,..(catatan jawaban Kank Hari Seminar )


1. Kank ,karakter apa yang perlu saya siapkan agar supaya menjadi professional..?

Karakter professional dibangun oleh kebiasaan sejak dini,mereka adalah manusia yang membiasakan berperilaku jujur,adil,memiliki respek,kepedulian ,berempati pada kebutuhan “konsumen”,tidak takut bersaing,belajar berkesinambungan dan efektif dalam bekerja.

2. Kank ,Apa yang membuat seorang professional memiliki nilai tambah…?

Seorang professional harus tanggap terhadap perubahan sekelilingnya mulai dari perubahan tehnologi,pasar hingga perilaku konsumen.Selanjutnya mengamati pergerakan pesaingnya.Mengenali harapan dan kecemasan konsumen serta berpikir tentang kemajuan usahanya .Selanjutnya membina hubungan berkelanjutan dengan stake holder.

3. Kank ,Ketika seorang diangkat menjadi kepala cabang apa yang mesti dilakukannya..?

Yang pertama perlu mengenali team worknya selanjutnya harus melakukan pengamatan ke wilayah kerjanya untuk menjajaki pengembangan dan pertumbuhan usahanya,sekaligus mendekati komunitas disekitar situ.

4. Kank dalam pemanfaatan jejaring sosial perilaku apa yang perlu dikembangkan..?

Penggunaan media jejaring sosial jangan hanya dimanfaatkan untuk sekedar “katarsis” atau ngrumpi melainkan gunakan sebagai pencetus gagasan untuk dimulai nya sebuah “diskusi panjang”. Banyak materi yang memungkinkan orang menjadi awereness terhadap citra pribadi anda.

5. Kank ,kredilibitas seorang professional diukur dari aspek apa..

Kredibilitas menyangkut kepercayaan yang dimiliki konsumen terhadap kinerja professional,biasanya meliputi ,kecepat tanggapan ,ketulusan,keterbukaan kesediaan mendengar dan mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi konsumennya.

6. Kank ,bagaimana agar "stake holder" senantiasa setia kepada seorang professional..?

Kesetiaan "stakeholder" pada profesionalnya, jika professional itu dapat memenuhi bahkan melampaui harapan nya. Diperlukan upaya agar mereka senantiasa untuk tertarik dengan upaya mewujudkan keberhasilan perusahaan,membuat sesuatu nampak lebih mudah,membuat seluruh team bahagia dan selalu membangun kepercayaan dan respek.

Minggu, 13 November 2011

Prinsip Dasar Remaja “Sukses” , Pendidikan Investasi Masa Depan



"Kank hari, Pendidikan hanya melahirkan pengangguran ,banyak aneka seminar motivasi cara menjadi sukses ,bahkan tanpa berpendidikan tinggi bisa sukses tapi sebenarnya mulainya dari mana..?"

Setiap orang pada dasarnya kepingin sukses ,namun jika hanya kepingin saja tentu tidak mungkin sukses itu terwujud.Ini Beberapa pola pikir dalam meraih kesuksesan secara sederhana menjadi siswa/mahasiswa yang sukses

Pertama ;” Pendidikan adalah Strategi Investasi Masa Depan

Jangan merasa bahwa pendidikan itu tidak penting lantaran banyaknya pengangguran atau lulusan nya tidak memiliki daya saing.Jika pendidikan hanya dimaknai mencetak penganguran maka akan mengurangi gairah belajar mu

Pendidikan harus di maknai sebagai cara paling mudah menggapai sukses bukan hanya kewajiban belajar .Tapi juga membangun karakter.pendidikan yang kamu jalani harus kamu formulasikan sebagai jalan meraih cita citamu.kembangkan diri secara terus menerus dan berprestasilah disekolahmu .Niscaya kamu akan menemukan cara merih keberhasilan dalam hidupmu.

Kedua :”Pendidikan adalah Kebutuhan Setiap Orang yang Ingin Sukses

Pendidikan harus disadari sebagai konsep strategis mencapai sukses.Idealnya sekolah dapat memberikan jaminan akan kesuksesan di masa depan.namun sekolah tidak selalu merupakan pendidikan yang sempurna buat siswa dalam meraih sukses .Karena itu pendidikan harus dimaknai bukan sekedar sekolah,melainkan setiap upaya siswa meningkatkan pengetahuan ,keterampilan dan karakter yang mengantar pada arah kebaikan dan kemajuan.

Adalah tangung jawab anda untuk meriah sukses yan anda inginkan karena itu anda harus mendapatkan ilmu pengetahuan,ketrampilan dan sikap mental yan mengantar pada sukses yang anda inginkan.

Ketiga ;Miliki Daya Saing

Pendidikan semestinya menghasilkan insan yang berdaya saing,peran sekolah bukan hanya menciptakan prestasi akademik saja melainkan mengajak siswa belajar berfokus meraih masa depan yang lebih baik. Sayangnya sekolah sendiri terjebak oleh aneka “kepentingan”.Karena itu miliki strategi pribadi untuk meriah sukses melalui sekolah maupun setelah lulus.

Miliki perencanaan jangka pendek seperti harus meraih prestasi akademik sebagai bentuk karakter kesungguhan dalam melaksanakan tugas sebagai siswa/mahasiswa.Sedangkan selanjutnya gunakan aktivitas kreatif yang bermakna guna meraih masa depan lebih baik. Semakin kamu mengenali dan mengembangkan kompetensimu semakin ahli dan semakin kamu memiliki daya saing.

Prinsip pendidikan sebagai investasi masa depan harus kamu jadikan semboyan dalam hidupmu sekaligus prinsip itu sebagai “guiding value “meraih kesuksesan masa depan.

Sabtu, 12 November 2011

Menghindari Sikap Tidak Profesional


Kank hari banyak cara cara tidak etis dilakukan teman seprofesi kami untuk mendapat order ,tapi saya yakin itu cuma sementara ,lantas bagaimana saya harus bersikap..?


Cara cara tidak etis beresiko mendapatkan komplain dan membuat diri menjadi tidak tenteram saat menjalankan profesi,maka anda sudah benar menghindarinya selanjutnya beberapa perilaku ini sebaiknya anda hindari

1. Seringkali dalam menjalankan tugas anda menunggu perintah dan ingin mendapatkan motivasi dari orang lain . Mulai saat ini perintahlah diri anda untuk bekerja sebaik mungkin ,jadilah motivator bagi diri sendiri.

2. Jangan terjebak pada mental karyawan yang konvensional terutama dalam pelayanan kepada pelanggan anda perlu menggali potential need yang dimiliki prospek

3. Miliki kemampuan interpersonal skill agar anda memiliki social network yang kelak bakal berguna buat jenjang karir profesi anda.\

4. Tingkatkan terus kemampuan selling skill anda bisa dari membaca buku ikut seminar atau kuliah lagi.

5. Berupayalah untuk terus meningkat kualitas diri baik mengatasi penolakan,meningkat kinerja ,menaikan tingkat pendapatan sampai belajar bagaimana memiliki keberanian memberikan ide pada atasan untuk kemajuan perusahaan.

Terus berjuang dijalan kebenaran karena nanti kebenaran akan membuktikan sendiri kemenangannya

Merasa Diri Tak Dihargai,Keluhan Pegawai


Kank ,selama saya bekerja disini ,saya merasa jadi korban kepentingan atasan.Saya merasa tidak dianggap penting,saya merasa proposal saya sering tidak dihargai dan saya merasa diperlakukan tidak adil,padahal sudah banyak yang saya lakukan untuk kepentingan instansi ini….?

“Biaya yang dapat memelihara kehormatan seseorang dituliskan untuknya sebagai sedekah “HR Aby Ya’la dari Jabir

Sebelum saya mengajak anda mengurai apa yang semestinya anda lakukan ,apakan anda sudah menjalankan tugas sebagaimana mestinya dengan memberikan yang terbaik dari yang anda bisa…jika sudah maka tidak usah merasa tidak nyaman ,lantaran anda sudah melakukan tugas secara bertanggung jawab secara optimal atas tugas.namun demikian anda patut menata hati agar tidak kecewa menghadap situasi kantor yang tidak kondusif.Sebenarnya nyaris terjadi di berbagai instansi.

Buatlah daftar apa yang sebenarnya anda inginkan ,selanjutnya buat skala prioritas pencapiannya.Seperti anda ingin proposal anda diterima lantaran nilai uang dari proyek tersebut atau perasaan diakui ..jika lantaran banyak kepentingan proposal anda ditolak pastikan anda berbahagia karena memang belum rezeki. Syukur jika anda memiliki keberanian bertanya alasan mengapa proposal ditolak.

Miliki waktu untuk membahagiakan diri termasuk merefleksikan diri atas kekuatan ,peluang dan keterbatasan yang anda miliki. Guna memilih jalur lain untuk beraktualisasi .Perhatikan perasaan anda atas “perlakuan tidak adil” dari orang lain jangan sampai kemarahan atas penolakan itu membuat anda kehilangan semangat untuk memberikan yang terbaik dari ayan anda bisa untuk tugas yang telah menjadi tanggung jawab anda.

Belajarlah menerima “kekalahan “ dan mengenali kemarahan anda ,agar anda bisa tetap tampil sebagai pegawai professional….Selamat Bekerja

.