Senin, 13 Agustus 2012

Manuver Pegawai (3) : “Tidak diusulkan dalam Pengangkatan” .


Sebagai  tenaga honorer  yang sudah lama tentu kami berharap dapat diangkat  sebagai pegawai tetap,namun dalam setiap pengangkatan nama saya tidak pernah muncul ,untuk diusulkan dalam pengangkatan.Apa yang mesti saya lakukan....?




 
 Katakanlah: "Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (tetapi) Amat sedikit kamu bersyukur. Qs Al Mulk (67): 23



Yang perlu difahami apakah sistem pengangkatan  otomatis hanya berdasarkan lama nya seseorang bekerja  atau ada sistem atau alat ukur yang memadai untuk kepantasan seseorang diangkat menjadi pegawai tetap Namun ada baiknya anda bertanya tentang kejelasan aturan main pengangkatan kepada personalia atau HRD.   Beberapa TIPs  yang mungkin harus anda persiapkan agar anda bisa lolos dalam pengangkatan.

1.       Pelajari tentang kebutuhan akan bidang kerja saat ini berdasarkan kompetensi bidang keahlian (actual situation).Karena itu amati pekerjaan yang anda lakukan saat ini betulkah sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang anda miliki,terutama berkaitan dengan ijazah yang anda miliki.Jika tidak segera tentukan program pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan yang mendukung pekerjaan anda.

2.       Lihat lah peluang yang memungkinkan anda dipertimbangkan  sebagai kandidat dalam pengangkatan. Tetaplah  bekerja secara profesional walupun anda mendapatkan “perlakuan “ belum dipertimbangkan dalam pengangkatan. Dengan tetap bersikap profesional akan memudahkan mereka memiliki alasan jika peluang untuk mempromosikan anda  pada program pengangkatan telah tiba (optimal situation ).


3.       Jangan jadikan tertunda nya pengangkatan sebagai alasan anda bekerja asal asalan dan tidak profesional tetaplah optimis dalam opportunity looks to the future dikarenakan bisa saja atasan atau instansi anda menunggu alasan yang tepat untuk mengusulkan kinerja anda dalam pengangkatan.

4.       Jika anda memiliki masalah dalam kinerja segera perbaiki secepat mungkin  agar citra diri anda tidak menjadi negatif dimata atasan dan instansi di tempat anda bekerja . seringkali sebagai pelampiasan dari rasa kesal ,pegawai bekerja asal asalan sebagai ajang “balas dendam “. Kendalikan litle problem yaitu perasaan kurang nyaman yang mengakibatkan anda agresif dengan Big Opportunity yakni peluang untuk ditetapkan sebagai pegawai tetap.

5.       Jangan dikira atasan anda tidak me “record’ etos kerja dan kinerja anda selama bekerja. Record itu bukan hanya berdasarkan bukti administrasi saja  melainkan juga dari laporan rekan sejawat maupun hasil kerja anda sendiri.Jadi tetaplah terus berupaya untuk profesional terutama atas target hasil yang menjadi tanggung jawab anda.Karena hanya hasil lah yang akan menjadi pertimbangan seorang atasan untuk mempertahankan posisi anda.


Salah satu alasan agar anda dipertimbangkan untuk dipertahankan atau diusulkan jika anda bisa menunjukkan mutu kinerja yang prima...!







Manuver Pegawai ( 2) ;Duit OK ,Kerja Ogah


Sebagai  Kasub Sie ,saya kadang bingung dengan perilaku para pegawai,apalagi yang titipan mereka maunya banyak nuntut hak tapi giliran ditanya kewajiban banyak alasan untuk tidak memberikan hasil yang optimal. Adakah tip sederhana yang bisa saya lakukan...?


Ikutilah orang yang tiada minta Balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. Qs Yasiin 21



Bukan menjadi rahasia lagi bahwa perilaku pegawai kita dianggap dengan Duit OK ,Kerja Ogah  ,namun bukan berarti anda tidak bisa lakukan perubahan perilaku terhadap kebiasaan kerja semacam itu. Mulai anda bicarakan bersama atasan dan rekan sejawat tentang increase efficiencies ,cut cost ,improve result and gain competitive  sebagai budaya kerja pada instansi anda. Sehingga kebijakan organisasi menjadi berbasis kinerja yang menghasilkan dan fair.Inilah beberapa tips yang bisa  anda lakukan;

1.       Be Modelling The ways :Jadilah anda sebagai sosok yang memiliki dedikasi dengan tidak hanya berorientasi uang dalam melaksanakan tugas. Sehingga staff anda memiliki teladan utama  mental atitude dalam pelaksanaan tugas.Disamping mereka tidak bisa menjadikan anda sebagai pembanding atas perilaku tidak produktifnya itu:’kalau atasan boleh kenapa kita tidak!” 

2.       Comiitting to rule : Bicarakan tentang komitmen instansi atas aturan main ,yakni berbasis kinerja. Kepada seluruh staff didepartemen yang anda pimpin. Dengan demikian staff anda akan berfokus untuk bekerja secara optimal sesuai  beban dan bidang kerja masing masing tanpa memikirkan ada uangnya atau tidak.Sebagai tanggung jawab atas kewajibannya.

3.       Evaluating the out come : Evaluasilah kinerja staff anda. Jika masih ada diantara mereka yang tidak menunjukan perubahan kerah kemajuan. Panggilah secara pribadi untuk mengetahui alasan dari tindakan  mempertanggung jawabkan perbuatannya. Berikan solusi terbaik dan jangan segan untuk memberi surat peringatan jika memang sengaja melawan aturan main yang telah disepakati. 

4.       “Diagnose the personality problem”:Jika semua tindakan  sudah dilakukan . Coba cari tahu latar belakang alasan kepribadian yang menyebabkan mereka melakukan tindakan kurang etis atas kinerjanya itu. Bisa jadi ada alasan psikologis menjadi penyebab seeorang tidak produktif  kebutuhan besar untuk diakui,merasa diperlakukan tidak adil ,adanya pengaruh rekan sejawat. Dengan mengetahui latar belakang alasan psikologis anda dapat menyusun yang pas untuk solusi membangkitkan gairah  dan prestasi bekerjanya. 

5.       “ overcome peformance habit “ : Jadikan semangat pelayanan prima sebagai kebiasaan baru pada departemen anda .Sehingga karyawan terkondisi untuk memberikan yang terbaik  dalam menjalankan tugasnya. Tempelkan jargon ,kalimat motivasi di ujung beberapa dinding dikantor anda agar setia pegawai dapat saling mengingatkan satu sama lain.

6.       Be faireness and credible: berlakukah adil tanpa memandang bulu   dalam mengawal dan menegakkan aturan main  serta pembagian “proyek” . Agar setiap karyawan dapat merasakan atmosfir kerja yang menyenangkan dan bermakna , Sehingga mereka tidak memiliki alasan untuk tidak bekerja secara bersungguh sungguh dengan tulus .

Mulailah dari diri anda memberikan dedikasi terhadap tugas pekerjaan dan kinerja  yang optimal supaya mudah bagi anda untuk tegas dalam menegakkan aturan main instansi yang anda pimpin. Selamat bekerja...!

Manuver Pegawai (1): Proyek Diambil Kroni nya Sendiri .


“Kadang saya koreksi diri selama bekerja adakah kesalahan fatal yang saya lakukan sehingga saya sering /bahkan tidak pernah diberi proyek. Sepertinya proyek itu berputar putar pada pegawai  tertentu atau kelompok  tertentu,apa yang semestinya saya lakukan?”

 
 

 
29. Katakanlah: "Dia-lah Allah yang Maha Penyayang Kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah Kami bertawakkal. kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata".

30. Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; Maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?" QS Al Mulk 29-30




Jika anda merasa tidak melakukan kesalahan dalam pemenuhan hasil kinerja maka cobalah berani untuk bertanya pada saat rapat besar dengan seluruh kepala bidang /kasie   tentang aturan main dalam penunjukan pelaksanaan petugas dalam suatu kegiatan. Dengan demikian anda akan merasa memiliki pengetahuan tentang kelayakan  atas penunjukan seseorang. Sekalipun demikian banyak saya temui selaku konsultan SDM ,dibeberapa instansi termasuk instansi pemerintahan unsur like and dislike  menjadi dasar dari penunjukan seseorang. Mereka mengabaikan azas transparansi  akuntabilitas    dan fairness yang penting kroninya mendapat jatah . Inilah bebrapa cara agar anda dapat menyesuaikan diri dalam manuver pegawai :


1.       Present afixed solution:. “Tidak Ada wilayah kewenangan Tuhan Yang dapat Dikuasai manusia”.

Sadari bahwa rezeki bukan datang dari Manusia ,jika saat ini seakan manusia yang berkuasa itu hanya sementara dan Tuhan memang sedang membiarkan perilaku tidak adil kepada orang bersangkutan hanya persoalan waktu balasan ketidak baikan bakal mereka unduh . Kesadaran ini adalah Solusi menenangkan diri diperlakukan tidak fair oleh atasan /rekan sejawat setelah melakukan evaluasi diri tentunya.


2.       Reinforcement common sense and benefit :”Anda sedang dilindungi dari rezeki yang tidak layak “ .

Kuatkan diri anda  bahwa Tuhan sedang melindungi anda terhadap rezeki yang tidak pantas untuk anda persembahkan kepada keluarga yang bakal menjadi darah daging serta kehidupan bagi mereka.Tidak selalu yang nampak megah itu bisa membawa kebaikan apalagi jika muaranya dari sumber yang tidak jelas.


3.       Relationship Skill : “Silaturahmi bisa menambah rezeki”.

Tingkatkan kemampuan komunikasi anda termasuk membina relasi dengan atasan secara sehat. Keberanian mengemukakan ide/gagasan  kepada atasan  secara formal atau non formal serta memperkenalkan keahlian unik yang anda miliki   untuk perbaikan dan kemajuan instansi. Akan menambah point of value yang anda miliki dimata pejabat berwenang. Sehingga berkemungkinan untuk proyek tertentu akan dipercayakan kepada anda.Bisa atasan tidak tahu kompetensi anda selama ini.


4.       A specific decision about your performance : Integrity anda harus diatas rata rata pegawai biasa.

Agar anda bisa dikenali kinerjanya maka jangan mau jadi orang rata-rata pewagai,”rata rata pegawai disini itu kalau kerja harus disuruh ,rata rata pegawai disini itu baru akan bekerja kalau ada uang nyadan rata rata yang lain”. Tujukkan integritas dan dedikasi anda sebagai identitas cara anda menjalankan tugas secara terukur dengan demikian kompetensi anda akan udah dikenali.


5.       Finding to develop for your  skill and kowledge: jadilah anda ahli dibidang pekerjaan yang anda geluti.

Mengingat bahwa tuntutan atas mutu SDM demikian meningkat ,maka anda harus dapat meningkatkan mutu kinerja dengan terus meningkatkan pengetahuan pada bidang pekerjaan ,personality development serta perkembangan kebijakan yang terjadi. Mengingat bahwa atasan atau stake holder memiliki banyak pilihan dalam menentukan profesional guna keberhasilan proyek nya.



Tetaplah semangat,bekerja dengan semangat ,dan semangat menghasilkan kinerja yang berkualitas akan membuat rezeki akan berpihak kepada Anda . Tuhan tidak akan pernah tinggal diam kepada hambanya yang telah berusaha keras.


Rabu, 01 Agustus 2012

Life skill Yang Berdaya Saing .


Kank ,saya juga tidak terlalu optimis dengan masa depan saya.Saat ini saya semester 7 di fakultas ekonomi ,walaupun  secara akademis nilai saya lumayan bagus IP mendekati 3,8.Namun melihat persaingan yang demikian ketat saya pesimis bisa mendapatkan pekerjaan yang memadai dengan ilmu yang saya miliki.Lantas apa yang harus saya siapkan berkaitan dengan personality...?

 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٌ۬ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ۬‌ۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ (١٨)
 
  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. Qs Al –Hasyr  : 18.





Kecemasan akan masa depan bisa dimiliki semua orang,namun kecemasan yang mendatangkan rasa pesimis hanya akan melemahkan gairah untuk meningkatkan daya saing pribadi.Maka dari itu guna meredam kecemasan akan lebih baik bila berkonsentrasi pada pengembangan diri ,personality development .Lantaran tak ada satu pun yang tahu apa yang bakal terjadi dimsadepan dan ketentuan akan sukses masadepan adalah mutlak kewenangan Tuhan . Tugas mnusia hanya brencana dan berupaya merajut masa depan dengan lebih baik.

Inilah beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk “menang “dalam persaingan.


1.       Tingkatkan “kompetensi” guna mendatangkan keterhadalan “value” bagi dunia  Industri

. ..Kompetensi yang anda miliki harus dapat mendatangkan kemanfaatan dan kesan keunggulan didunia industri. Semakin anda dapat dikenali unggul dalam kompetensi,semakin kuat anda dipertimbangkan untuk dipilih. Contohnya jika anda memang unggul dibidang akademik  yang berkaitan dengan knowledge maka anda harus melengkapinya dengan pemahaman dunia kerja,ketrampilan bahasa asing dan komputersasi serta berkomunikasi.Anda harus rajin untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan baik di dalam kampus maupun di dunia maya.

2.       Tingkatkan “keterampilan” guna memperkuat keahlian yang anda miliki.


Ketrampilan yang anda miliki adalah keahlian khusus  yang berkaitan dengan ilmu dasar  dari hasil anda kuliah selama beberapa tahun.Semakin anda menguasai keahlian yang dibutuhkan perusahaan semakin mudah bagi anda diterima. Jika anda   Sarjana Ekonomi maka keahlian yang menyertainya seperti kursus akuntansi,perpajakan,serta ketrampilan komunikasi bisnis internasional patut dipertimbangkan.

3.       Perbanyaklah magang /kerja part timer pada perusahaan /kerja sosial.
Pengalaman pernah bekerja akan membedakan seseorang memiliki pengetahuan sistematika bekerja,etos kerja serta profesionalitas. Bagaimanapun jika anda bekerja saat kuliah anda bisa learn how to do dan learning by doing sekaligus  anda memiliki pengalaman bekerja seusai kuliah.Jadi banyak perusahaan mensyaratkan pengalaman bekerja  kepada fresh graduate  maka anda sudah siap karena melakukannya saat sedang kuliah.

4.       Leadership skill sebagai ciri integritas anda.

Jika karir linear yang anda pilih sebagai pilihan profesi senantiasalah anda memiliki kemampuan kepemimpinan meliputi kesungguhan dalam bekerja sama,kecakapan persuasive ,kecakapan menyusun perencanaan,kecakapan mengelola kegiatan dsb ,yang biasanya didapat mahasiswa dengan berorgnaisasi baik didalam kampus maupun diluar kampus.Kecakapan leadership juga tercermin saat anda menuliskan lamaran kerja ,wawancara,test psikologis,simulasi kerja dan penampilan/performance anda.


Boleh saja kita cemas akan masa depan namun dengan mempersiapkan diri dengan lebih baik akan membuat masa depan jauh lebih baik. Selamat berusaha..!