Kamis, 31 Januari 2013

Kiat Mengatasi Perasaan Terbebani Dalam Berprofesi












29:2



29:3


Apakah manusia itu mengira bahwa mereka


dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
 dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. QS Al- Ankabut ;2-3

“Capek deh..!, setiap bulan  harus membuat laporan kegiatan dalam bekerja padahal kan ini semua adalah rutinitas ,sepertinya beban tugasku makin berat saja..ada saja tambahan tugas dari hari kehari”. Keluhan ini bisa menimpa semua orang termasuk diri anda. Namun jika keluhan ini terus bersemayam dalam pikiran anda tentu akan mengganggu perasaan nyaman dalam bekerja ,menurunkan motivasi dan bisa saja menurunkan produktivitas kerja 

Lantas bagaimana ...?




Rabu, 23 Januari 2013

Mengatasi Kepribadian Pencemas dalam Bekerja.



Kank ,saya mengalami  posisi sulit dalam mengambil Keputusan,saya takut  tidak dipercaya lagi dan mereka itu memang sukanya seperti itu.Saya suka bekerja keras dan berusaha bertanggung jawab sebaik mungkin tapi mereka menganggapnya saya ini suka mengada ada. Saya sering cemas dan takut gagal dalam menjalankan amanah bagaimana cara mengatasinya....  ?




 





Minggu, 13 Januari 2013

8 Kiat Membangun Harga Diri Positif Di Tempat Kerja



Harga diri adalah sekumpulan nilai  yang dianggap penting   serta memunculkan perasaan berharga dalam diri seseorang.  Di tempat kerja harga diri positif amat penting dalam membentuk sikap profesional ,dengan perasaan cukup berharga anda akan dapat menyelesaikan tugas sebagaimana mestinya. Guna membangun Harga Diri inilah kiatnya:

1.       Sukses  pekerjaan sangat bergantung dari kemampuan diri sendiri menyelesaikannya. Setiap orang  bertanggung jawab atas beban kerja yang diembannya. Tidak terselesaikannya pekerjaan sesuai target yang diharapkan akan mengikis harapkan.
2.       Berikan yang terbaik dari yang anda bisa  lakukan dengan memberikan dedikasi ,melayani ,menjalankan tugas dengan memberikan yang terbaik harga diri anda akan meningkat dengan sendirinya.
3.       Jangan iri dengan keberhasilan orang lain karena anda bisa lebih sukses jika anda dapat mengenali keberbakatan yang anda miliki dalam profesi yang anda jalani kemudian mengembangkannya sebagi keahlian. Merasa ahli dalam bidang pekerjaan yang anda geluti akan menaikkan harga diri.
4.       Jangan takut dikritik ,karena untuk bisa berhasil dan mengerjakan tugas dengan benar kadang kita juga perlu mendapatkan kesalahan. Kalau anda bisa memanfaatkan kesalahan orang lain maka maafkan diri anda dalam suat kesalahan agar bisa memperbaikinya. Dengan demikian anda akan memiliki rasa percaya diri.
5.       Fokus pada upaya mencapai keberhasilan ,hargai setiap capaian yang anda dapatkan dan jadilah ahli pada bidang yang anda suka dan kuasai. Berikan makna sukses menurut anda pribadi agar anda merasa cukup berharga terhadap sukses yang anda raih.
6.       Abaikan manuver mental yang di lakukan orang lain ,jika anda pada posisi yang benar sesuai standar operasional prosedur dalam pekerjaan yang anda geluti jangan terlalu dihiraukan. Yang penting berikan yang terbaik agar orang bisa melihat mutu kinerja anda.
7.       Percaya diri ,percaya pada diri sendiri,percaya dapat melaksanakan tugas dan percaya pada pertolongan Tuhan akan membuat anda dapat fokus bekerja dengan sebaik baiknya secara profesional.
8.       Kesediaan belajar seumur hidup termasuk belajar dari kegagalan dan keberhasilan orang lain hargai bantuan orang lain agar anda mudah mendapatkan bantuan saat mendapatkan kesulitan .Dan bersedia membantu kelancaran tugas anda.
Setiap orang cukup berharga jika dapat memaknai arti harga dirinya.

Rabu, 02 Januari 2013

Kiat Tampil Percaya Diri Dalam Dunia Kerja (Self Hypnosis for Proffesional)



Sebagai pegawai baru saya sering minder untuk bisa tampil setara dengan para senior .Lantas apa yang mesti saya lakukan..?

 




 (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya ALlah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.   Qs An Nur 38.



Wajar sebagai pendatang baru ,anda memiliki rasa kurang percaya diri dilingkungan baru sebagai upaya penyesuaian diri. Namun jangan biarkan rasa minder anda justru merusak image dan performance anda. Inilah beberapa cara agar anda tampil lebih percaya diri dalam profesi.

Pertama ,Yakin pada Kompetensi yang anda miliki .

Sering kali pegawai baru/yunior  tergoda untuk menurunkan tingkat rasa percaya diri atas kompetensi yang dimiliki ,jika diberi tugas merasa tidak pantas ,merasa tidak bisa  merasa belum waktunya dsb. Akibatnya baik rekan maupun atasan akhirnya benar benar beranggapan anda memang tidak becus diberi tantangan. Disamping resiko anda kehilangan kepercayaan ,merendahkan diri akan merusak citra dan reputasi anda sebagai profesional .

Karena itu miliki keberanian untuk menerima tantangan sekaligus yakin pada kompetensi yang anda miliki,you can if you believe you can..!

 Kedua . Hindari Over Confidance

Tidak jarang sebagai pegawai baru dengan merasa memiliki keterampilan dan ijasah  yang bisa dibanggakan merasa diri adalah segala galanya. Akibatnya justru menimbulkan keresahan para senior,merasa diri paling bisa dan dilanjutkan dengan meremehkan kemampuan senior hanya mendatangkan permusuhan sekaligus menciptakan suasana kantor yang tidak nyaman .Sehingga pada akhirnya   merugikan diri sendiri,karena anda akan dikucilkan ,tidak mendapat bantuan saat kesulitan dan berkemungkinan anda di “promo singkirkan.”

Miliki kesediaan untuk belajar dan mempelajari bidang tugas yang anda geluti serta menghormati senior sebagai pendahulu yang memiliki pengalaman dalam bidang tugas bersangkutan.”Learn how to do “

Ketiga ,Kenali Medan

Pengetahuan  terhadap medan tugas akan membantu anda dalam menyusun strategi profesionalitas .Pengetahuan akan beban tugas  ,target ,dan harapan dari kinerja tim akan berguna bagi anda dalam menjalankan profesi. Pengenalan terhadap rekan kerja,klien,atasan dan pemegang saham mempermudah anda dalam beradaptasi mengingat para “stake holder” ini  sangat demanding ,jangan sampai anda keliru membaca perilaku mereka,salah dalam merespon perilaku  bisa membuat anda ditinggalkan oleh mereka.

Keempat :Istiqomah

Konsistensi mempertahankan performa prima seperti saat bekerja pada hari pertama akan membuat anda akan terus memiliki semangat untuk memberikan yang terbaik dari yang anda punya. Sekaligus dapat membangun citra positif atas kinerja yang anda miliki sebagai profesional. Konsistensi ini adalah bagian dari pembentukan karakter anda sebagai profesional.


Dengan anda memiliki kepercayaan diri,percaya pada diri sendiri ,percaya pada kompetensi yang anda miliki anda bisa bekerja secara optimal,mendatangkan keteduhan bagi orang lain memiliki interpersonal skill dan integritas sebagi karakter anda.

Dengan demikian anda dapat bekerja secara profesional.