Sabtu, 30 Maret 2013

Cerdas Emosi Dalam Menghadapi Masalah



 


Setiap permasalahan semestinya mencerdaskan secara mental sekaligus membangun kedewasaan. Namun tidak semua persoalan  mampu membuat seseorang makin dewasa,yang ada justru sebaliknya membuat orang menjadi tidak termotivasi, murung,cemas dari waktu ke waktu dsb.  orang menjadi kehilangan semangat hidup dan ke tidak bahagiaan. Agar supaya masalah tidak memperparah keadaan inilah kiatnya :  







Padahal jika kondisi tidak nyaman ini dibiarkan terus mengganggu seseorang maka akan membuat
  
·         Jika anda tidak dapat meraih dan mewujudkan impian   atau kehilangan sesuatu yang anda inginkan .jangan terfokus pada suasana hati atas hilangnya impian melainkan cobalah untuk menerima . menerima kondisi yang memang tidak bisa diubah akan membuat anda sedikit lebih lega daripada mengingkari kenyataan.

·         Jika anda masih ingin membuat sebuah perubahan lakukan sedikit demi sedikit  dalam tindakan secara bertahap. Berfokuslah   pada pada kompetensi diri  dan keunikan diri sendiri ,jangan membandingkan dengan pencapaian orang lain ,hanya membuat anda merasa  makin tidak berdaya.


·         Kembangkan hobi atau kegemaran seperti berolah raga , berkesenian dan aktivitas menyenangkan yang  sehingga anda tidak merasa  seperti menjalankan kewajiban. Mengembangkan hobi  dapat meningkatkan rasa percaya diri ,mengurangi depresi stres dan membuat perasaan lebih senang   .

·         Cobalah aktivitas baru ,sedikit  keluar dari rutinitas kegiatan sehari hari ,belajar keterampilan baru dapat menimbulkan perasaan berharga bagi diri sendiri  sekaligus dapat membantu melupakan kecemasan yang yang dihadapi.


·         Berbicaralah kepada orang terdekat yang anda percaya,tidak jarang orang yang memiliki banyak persoalan sering kali merasa kesepian dan menyendiri. Dengan  berdiskusi bersama pasangan ,orang tua ,teman baik dapat membantu meringankan beban perasaan ,sehingga anda merasa tidak sendirian dan terkucil.

·         Bersilaturahmi ,ikatan emosi antar teman dan keluarga mendukung anda untuk mengatasi kesulitan yang anda hadapi. Teman dan keluarga akan membuat anda  merasa diakui dan dihargai serta merasa  diperhatikan. Bangun hubungan persahabatan yang membuat anda meningkat rasa dihargai .

·         Meringankan beban orang lain ,pada dasarnya orang perlu dan suka dibantu apalagi jika menghadapi kesulitan ,menolong orang lain dapat menciptakan perasaan berharga    dan meningkatkan harga diri anda. Jika anda mesra dapat mendukung atau membantu kesulitan orang dan anda merasa didukung  pula.

·         Tidak ada sesuatu yang pasti didunia ini jadi jangan  terlalu kaku dengan prinsip yang anda miliki .Semua orang pernah mengalami  masa masa sulit dan banyak diantara mereka dapat keluar dari kesulitannya itu dengan cara  yang berbeda beda .

·         Tetap memiliki harapan masa depan masih bisa diperbaiki dan berdoa akan membuat anda tetap semangat menatap kehidupan. Jangan berputus asa dari rahmat Tuhan .
Setiap orang pernah menghadapi kesulitan ,stres,cemas ,tidak percaya diri dan memiliki banyak masalah .Kemampuan  untuk menghadapi ,mengolah perubahan dan menyelesaikan masalah akan membantu anda  mengatasi suasana ketidakpastian. Melakukan  hal hal positif  dapat mendatangkan perubahan besar  bagi diri sendiri ,orang lain dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar