Kank Hari ,saya sering kali takut
saat berkomunikasi dengan atasan dan
merasa tidak percaya diri saat
menghadapi rapat periodik bersama atasan. Saya merasa
banyak kekurangan,bagaimana caranya mengatasi persoalan ini..?
Patut diperhatikan bahwa perasaan
rendah diri dan
merasa memiliki banyak kekurangan akan dapat terlihat jelas pada perilaku keseharian.Apalagi jika semakin “minder’ dalam sebuah rapat semakin
terlihat anda tidak professional.Dikarenakan body language adalah
cermin profesionalitas ,semangat dan mental attitude. Mau tidak mau anda harus mulai merancang
strategi efektif mengelola bahasa tubuh agar
meningkatkan rasa percaya diri ,integritas dan kepercayaan orang lain,mengingat
situasi rapat adalah situasi dimana anda langsung berinteraksi dengan atasan.. Inilah kiatnya :
Pertama : Perhatikan sikap tubuh ,duduk tegak namun tidak terlalu
kaku,memperhatikan mata dan menyimak penjelasan atasan menunjukan anda memiliki antusiasme mengikuti
rapat.Postur yang baik adalah indikator sikap mental dan karakter anda serta
kesungguhan anda menjalankan instruksi atasan serta memiliki sikap optimis.
Kedua :Gerakan Tubuh ,perhatikan gerakan tubuh anda jangan membuat
gambar saat mendegarkan penjelasan atasan walau mungkin rapatnya
membosankan,tertidur atau membuat ekspresi wajah yang aneh. Jangan anggap rekan
atau klien anda tidak melihat keanehan
yang anda lakukan.Duduklah dengan tenang ,focus pada arah pembicaraan dan
catatlah hal hal yang penting atau perlu penjelasan.
Ketiga ; cara berkomunikasi verbal . Sampaikanlah pendapat anda sebagai saran dan
bukan merasa diri paling benar sendiri dengan bahasa yang bisa dimengerti dan
lugas ,ada baiknya pernyataan atau pertanyaan anda catat.Tujuan pertanyaan atau pernyataan yang anda lakukan
adalah untuk kemajuan dan perbaikan organisasi ,karena itu semsetinya kalimat yang
meluncur dari mulut anda semestinya mendatangkan rasa nyaman bagi peserta rapat
tanpa kehilangan bargaining position anda..!
Keempat : Jabat Tangan ,Jabat tangan dapat menunjukkan kesan persahabatan
rasa optimis dan profesionalitas seseorang. Setelah rapat usai biasanya akan
diwarnai jabat tangan terutama bila bertemu dengan atasan yang hanya sekali dalam beberapa periode rapat
,biasanya membikin sensai grogi tersendiri. Atur suasana hati anda ,selanjutnya ucapkan terima
kasih dengan postur rileks namun berwibawa ,gunakan kontak mata yang bersahabat
dan berjabat tanganlah yang hangat serta meyakinkan.
Menjaga penampilan sikap saat
berkomunikasi dengan atasan atau rapat bisa menjadi perhatian bagi orang lain
untuk memperyimbangkan anda membangun
relasi yang lebih inten…!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar