Minggu, 28 April 2013

Kiat Mengatasi Perasaan Minder Saat Rapat Dengan Atasan


Kank Hari ,saya sering kali takut  saat berkomunikasi dengan atasan dan merasa tidak percaya diri saat
menghadapi rapat periodik bersama atasan. Saya merasa banyak kekurangan,bagaimana caranya mengatasi persoalan ini..?

Patut diperhatikan bahwa perasaan rendah   diri  dan merasa memiliki banyak kekurangan akan dapat terlihat jelas pada perilaku  keseharian.Apalagi jika  semakin “minder’ dalam sebuah rapat semakin terlihat anda tidak professional.Dikarenakan body language adalah 



cermin profesionalitas ,semangat dan mental attitude.  Mau tidak mau anda harus mulai merancang strategi efektif mengelola bahasa tubuh agar  meningkatkan rasa percaya diri ,integritas dan kepercayaan orang lain,mengingat situasi rapat adalah situasi dimana anda langsung berinteraksi dengan atasan..  Inilah kiatnya :

Pertama : Perhatikan sikap tubuh ,duduk tegak namun tidak terlalu kaku,memperhatikan mata dan menyimak penjelasan atasan  menunjukan anda memiliki antusiasme mengikuti rapat.Postur yang baik adalah indikator sikap mental dan karakter anda serta kesungguhan anda menjalankan instruksi atasan serta memiliki sikap optimis.

Kedua :Gerakan Tubuh ,perhatikan gerakan tubuh anda jangan membuat gambar saat mendegarkan penjelasan atasan walau mungkin rapatnya membosankan,tertidur atau membuat ekspresi wajah yang aneh. Jangan anggap rekan atau klien anda  tidak melihat keanehan yang anda lakukan.Duduklah dengan tenang ,focus pada arah pembicaraan   dan catatlah hal hal yang penting atau perlu penjelasan.

Ketiga ; cara berkomunikasi verbal .  Sampaikanlah pendapat anda sebagai saran dan bukan merasa diri paling benar sendiri dengan bahasa yang bisa dimengerti dan lugas ,ada baiknya pernyataan atau pertanyaan anda catat.Tujuan  pertanyaan atau pernyataan yang anda lakukan adalah untuk kemajuan dan perbaikan organisasi ,karena itu semsetinya kalimat yang meluncur dari mulut anda semestinya mendatangkan rasa nyaman bagi peserta rapat tanpa kehilangan bargaining position anda..!

Keempat : Jabat Tangan ,Jabat tangan dapat menunjukkan kesan persahabatan rasa optimis dan profesionalitas seseorang. Setelah rapat usai biasanya akan diwarnai jabat tangan terutama bila bertemu dengan atasan  yang hanya sekali dalam beberapa periode rapat ,biasanya membikin sensai grogi tersendiri. Atur  suasana hati anda ,selanjutnya ucapkan terima kasih dengan postur rileks namun berwibawa ,gunakan kontak mata yang bersahabat dan berjabat tanganlah yang hangat serta meyakinkan.

Menjaga penampilan sikap saat berkomunikasi dengan atasan atau rapat bisa menjadi perhatian bagi orang lain untuk  memperyimbangkan anda membangun relasi yang lebih inten…!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar