Rabu, 05 Desember 2012

Kiat Menjadi Team Leader Handal.


Kank ,  sebagai pegawai instansi saya ditunjuk untuk mengelola sebuah proyek di mana harus  team work. Kiat apa saja agar saya berhasil..?







 Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, Padahal kamu membaca Al kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir? QS Al Baqarah  44.



Anda adalah apa yang anda pikirkan..! artinya anda harus mampu mengarahkan pikiran anda untuk berpikir positif ,atau  dalam bahasa sederhana bersyukur karena mendapatkan amanah. Dengan anda  dapat berpikir positif anda dapat mengenali secara positif potensi diri yang anda miliki,dapat berprasangka positif kepada orang lain sekaligus potensi yang mereka miliki dan dapat berpikir positif terhadap keadaan yang anda hadapi.  Sementara itu makna syukur dapat diimplementasikan dalam kemampuan diri menerima amanah dan selanjutnya melaksanakan tugas sebagaimana mestinya secara optimal. Dengan demikian  kesulitan apapun yang anda hadapi ,anda bisa mengambil bagian dari sisi positif dari diri sendiri ,selanjutnya dapat menyusun strategi tindakan  yang strategis.


Hindari perdebatan yang tidak perlu ,karena perdebatan yang tidak perlu hanya menghabiskan energi ,energi waktu ,semangat dan kesempatan .Perdebatan sering kali  merupakan debat “kusir’ artinya mempertahankan ego pribadi bukan  mencari cara atau berupaya  menghasilkan solusi  atas persoalan yang dihadapi. Menghindari perdebatan bukan berarti  anti perbedaan pendapat,melainkan kemampuan anda melihat sudut pandang dan menghargai perbedaan  serta tidak menyudutkan orang lain. Selanjutnya berikan apresiasi atas keberhasilan yang dicapai  tekankan bahwa kesuksesan yang tercipta adalah kesuksesan bersama sedangkan bila terjadi kesalahan adalah kesalahan pribadi.





Setiap orang   unik dan memiliki talenta nya  masing masing,dengan demikian kemampuan anda mengenali  potensi mereka sekaligus menempatkannya ke dalam posisi yang tepat  ,the right man the right job. Dengan ditempatkan pada bidang  yang disukai dan kuasai nya   maka orang bersangkutan akan menunjukkan kinerja optimal. Posisi anggota  team – work  adalah mempercepat  secara efektif  target pencapaian yang disepakati. Kalau pelaksananya bersemangat  maka  semakin efektif lah pekerjaan yang dikerjakannya .

Jadilah ketua tim yang poeple oriented  , lihatlah bahwa anggota tim anda adalah penentu kesuksesan amanah yang sehingga anda mampu memotivasi mereka untuk menjadi orang mudah tidak menyerah  dan selalu memberi tantangan  bagi mereka untuk menjadi yang terbaik. Berikan pemahaman   bahwa setiap kesulitan ada jalan keluarnya ,sehingga mereka menjadi tim yang tangguh  dan serius menjalankan tugas amanah yang diembannya.

Berupayalah   konsisten  untuk menjadi teladan kepada tim dalam mencapai tujuan dan arah yang ingin dicapai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar