Selasa, 09 April 2013

Membangkitkan Harga Diri di Tempat Kerja (Self Leadership)


Harga diri adalah perasaan berharga  dalam diri  seseorang yang erat kaitannya dengan rasa percaya diri,menghormati diri sendiri,mendapatkan rasa hormat dari orang sekitar dan diterima oleh lingkungan.Guna memiliki  harga diri terutama ditempat kerja atau organisasi maka inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

Pertama ;Buat Diri Anda Merasa Berharga

“Kepuasaan setelah menyelesaikan tugas dapat menimbulkan perasaan berharga daripada hanya sekedar pulang dari tempat kerja tanpa melakukan apa –apa”.Kank Hari Insight Management




Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. QS An Nahl ;97

Setiap orang dapat bertanggung jawab atas kepuasaan dalam menyelesaikan tugas yang dijalankannya.Karena itu  mulailah dengan mengambil peran dalam berpikir dan bertindak secara bertanggung jawab,jika ada godaan untuk melakukan tindakan yang tidaksesuai norma,menggelisahkan hati dan cemas bila dilihat orang maka segera tinggalkan,pikirkan resiko yang pasti anda dapatkan akibat konsekuensi logis dari tindakan anda.

Jadilah seorang professional yang bekerja dengan menggunakan segenap pengetehuan,ketrampilan,semangat dan integritas dengan hasil yang optimal.Pastikan hanya yang terbaik yang anda dedikasikan untuk pekerjaan anda dengan demikian anda akan merasa cukup berharga.

Kedua; Hindari Keluh Kesah


Keluh kesah hanya membuat perasaan tidak nyaman bagi diri sendiri dan membuat gerah orang lain yang mendengarnya,sementara persoalan tidak serta dapat terselesaikan ”Kank Hari Insight Management.

Apa jadinya jika pedagang keliling yang hidupnya sangat tergantung dari keuntungan yang didapatnya dari barang dagangan yang laku dijualnya hanya berkeluh kesah dengan berbagai dalih sehingga tidak melakukan jualan hingga barangnya tidak satupun yang laku….!”.

Demikian juga apakah anda akan disukai atasan jika target penyelesaian pekerjaan yang semestinya anda lakukan sering terbengkalai. Sngat boleh jadi anda tidak disukai dan berkemungkinan anda tidak dipercaya untuk proyek proyek berikutnya.Karena yang dibutuhkan dalam organisasai apapun adalah solusi atas target pekerjaan dan bukan alasan apalagi keluh kesah.

Jika anda masih tetap ingin dihargai dan memiliki perasaan berharga karena anda merasa cukup kompeten  dalam menjalankan tugas. Berpikirlah masak masak  sebelum mengatakan  sesuatu atau  bekeluh kesah untuk pekerjaan yang semestinya anda lakukan dengan sgenap kemampuan yang anda miliki. Bisa jadi wewenang atau amanat yang anda terima adalah kepercayaan besar intanasi atau organisasi anda yang note bene menghargai kompetensi dan keahlian anda.Jangan kianati kepercayaa orang lain dengan keluh kesah…!.

Ketiga,Ikuti Kebanyakan Orang Belum Tentu Benar

“suara terbanyak belum tentu berpihak  pada kebanaran apalgi jika suara terbanyak itu justru menolak nilai nilai kebenaran,jadi jangan mudah hanyut oleh kecenderungan kebanyakan orang”.Kank Hari Insight Management

Kebanyakan orang lebih suka bermain game didepan computer kantor seusai absen /apel pagi,atau berkumpul diwarung kopi ,masjid ,sekedar ngobrol yang tidak perlu ditempat parkir  atau bengong /melamun karena tidak tahu apa semestinya dikerjakan.

 Mulailah dengan memiliki perencanaan apa yang semestinya anda kerjakan hari itu,dan segera kerjakan apa yang telah anda rencanakan hari itu sehingga mulai awal jam kerja hingga pulang, anda dapat menuliskan apa saja yang telah anda slesaikan hari itu. Dengan demikian anda memiliki perasaan cukup berharga lantaran anda bisa menyelesaikan tugas yang pada hari itu menjadi beban kerja anda.

Keempat :Miliki Kendali Diri

anda tidak professional jika mencampur-adukan antara persoalan pribadi dan pekerjaan sehingga emoasi anda menjadi tidak terkendali saat menjalankan tugas”.Kank Hari Insight Management
Ucapan dan tindakan yang anda lakukan menentukan harga diri anda. Percakapan yang menyakitkan dan tindakan yang merugikan orang lain selamanya akan dihindari  oleh banyak orang termasuk  tidak bakalan mendapat tempat dikantor.Karena itu jangan pernah membawa persoalan pribadi ke kantor ,pikirkan baik baik jika emosi  anda tak terkendali dapat menyakiti rekan dan klien  dikantor anda. 
Jagalah diri anda dengan mengendalikan diri dengan mengelola emosi sebagaimana mestinya. Jika anda berbuat salah atau lepas kendali jangan segan untuk segera meminta maaf secara tulus.Cara anda merespon keadaan menentukan padangan orang lain kepada diri  anda termasuk rasa menghargai.

Kelima :Miliki Motivasi Diri

“bersungguh sungguhlah anda dalam menjalankan tugas karena anda akan sungguh sungguh menemukan apa yang anda perjuangkan ‘.Kank Hari Insight Management

Anda akan memiliki kepuasan jika instansi atau organisasi anda sukses mewujudkan targetnya dimana anda merasa ikut berperan dalam keberhasilan itu.Dengan demikian anda mendapat pengalaman dan pengetahuan baru .Tingkatkan kompetensi anda dengan cara hanya memberikan yang terbaik dari yang anda bisa secara bersungguh sungguh..Jangan pernah berpikir jika anda bekerja bersungguh sunnguh itu untuk kepentingan pihak atau orang lain.kesengguhan yang anda lakukan secara langsung memperbaiki dan mengasah keahlian dan semangat yang anda miliki.

Jadikan instansi/organisasi dimana anda berkarya sebagai tempat untuk meningkatkan mutu harga diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar