Harga diri adalah
perasaan berharga dalam diri seseorang yang erat kaitannya dengan rasa
percaya diri,menghormati diri sendiri,mendapatkan rasa hormat dari orang
sekitar dan diterima oleh lingkungan.Guna memiliki harga diri terutama ditempat kerja atau
organisasi maka inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:
Pertama ;Buat Diri Anda Merasa Berharga
“Kepuasaan setelah menyelesaikan tugas dapat
menimbulkan perasaan berharga daripada hanya sekedar pulang dari tempat kerja
tanpa melakukan apa –apa”.Kank Hari Insight Management
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik
laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami
berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka
dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. QS An
Nahl ;97
Setiap orang
dapat bertanggung jawab atas kepuasaan dalam menyelesaikan tugas yang
dijalankannya.Karena itu mulailah dengan
mengambil peran dalam berpikir dan bertindak secara bertanggung jawab,jika ada
godaan untuk melakukan tindakan yang tidaksesuai norma,menggelisahkan hati dan
cemas bila dilihat orang maka segera tinggalkan,pikirkan resiko yang pasti anda
dapatkan akibat konsekuensi logis dari tindakan anda.
Jadilah seorang professional
yang bekerja dengan menggunakan segenap pengetehuan,ketrampilan,semangat dan integritas
dengan hasil yang optimal.Pastikan hanya yang terbaik yang anda dedikasikan
untuk pekerjaan anda dengan demikian anda akan merasa cukup berharga.
Kedua; Hindari Keluh Kesah
“Keluh kesah hanya membuat perasaan tidak
nyaman bagi diri sendiri dan membuat gerah orang lain yang mendengarnya,sementara
persoalan tidak serta dapat terselesaikan ”Kank Hari Insight Management.
Apa jadinya jika
pedagang keliling yang hidupnya sangat tergantung dari keuntungan yang
didapatnya dari barang dagangan yang laku dijualnya hanya berkeluh kesah dengan
berbagai dalih sehingga tidak melakukan jualan hingga barangnya tidak satupun
yang laku….!”.
Demikian juga
apakah anda akan disukai atasan jika target penyelesaian pekerjaan yang
semestinya anda lakukan sering terbengkalai. Sngat boleh jadi anda tidak
disukai dan berkemungkinan anda tidak dipercaya untuk proyek proyek
berikutnya.Karena yang dibutuhkan dalam organisasai apapun adalah solusi atas
target pekerjaan dan bukan alasan apalagi keluh kesah.
Jika anda masih
tetap ingin dihargai dan memiliki perasaan berharga karena anda merasa cukup
kompeten dalam menjalankan tugas. Berpikirlah
masak masak sebelum mengatakan sesuatu atau
bekeluh kesah untuk pekerjaan yang semestinya anda lakukan dengan sgenap
kemampuan yang anda miliki. Bisa jadi wewenang atau amanat yang anda terima
adalah kepercayaan besar intanasi atau organisasi anda yang note bene
menghargai kompetensi dan keahlian anda.Jangan kianati kepercayaa orang lain
dengan keluh kesah…!.
Ketiga,Ikuti Kebanyakan Orang Belum Tentu Benar
“suara terbanyak belum tentu berpihak pada kebanaran apalgi jika suara terbanyak
itu justru menolak nilai nilai kebenaran,jadi jangan mudah hanyut oleh
kecenderungan kebanyakan orang”.Kank Hari Insight Management
Kebanyakan orang
lebih suka bermain game didepan computer kantor seusai absen /apel pagi,atau berkumpul
diwarung kopi ,masjid ,sekedar ngobrol yang tidak perlu ditempat parkir atau bengong /melamun karena tidak tahu apa semestinya
dikerjakan.
Mulailah dengan memiliki perencanaan apa yang
semestinya anda kerjakan hari itu,dan segera kerjakan apa yang telah anda
rencanakan hari itu sehingga mulai awal jam kerja hingga pulang, anda dapat
menuliskan apa saja yang telah anda slesaikan hari itu. Dengan demikian anda
memiliki perasaan cukup berharga lantaran anda bisa menyelesaikan tugas yang
pada hari itu menjadi beban kerja anda.
Keempat :Miliki Kendali Diri
“anda tidak professional jika mencampur-adukan
antara persoalan pribadi dan pekerjaan sehingga emoasi anda menjadi tidak
terkendali saat menjalankan tugas”.Kank Hari Insight Management
Ucapan dan tindakan
yang anda lakukan menentukan harga diri anda. Percakapan yang menyakitkan dan
tindakan yang merugikan orang lain selamanya akan dihindari oleh banyak orang termasuk tidak bakalan mendapat tempat dikantor.Karena
itu jangan pernah membawa persoalan pribadi ke kantor ,pikirkan baik baik jika
emosi anda tak terkendali dapat
menyakiti rekan dan klien dikantor anda.
Jagalah diri anda
dengan mengendalikan diri dengan mengelola emosi sebagaimana mestinya. Jika
anda berbuat salah atau lepas kendali jangan segan untuk segera meminta maaf
secara tulus.Cara anda merespon keadaan menentukan padangan orang lain kepada
diri anda termasuk rasa menghargai.
Kelima :Miliki Motivasi Diri
“bersungguh sungguhlah anda dalam
menjalankan tugas karena anda akan sungguh sungguh menemukan apa yang anda perjuangkan
‘.Kank Hari Insight Management
Anda akan
memiliki kepuasan jika instansi atau organisasi anda sukses mewujudkan
targetnya dimana anda merasa ikut berperan dalam keberhasilan itu.Dengan
demikian anda mendapat pengalaman dan pengetahuan baru .Tingkatkan kompetensi
anda dengan cara hanya memberikan yang terbaik dari yang anda bisa secara
bersungguh sungguh..Jangan pernah berpikir jika anda bekerja bersungguh sunnguh
itu untuk kepentingan pihak atau orang lain.kesengguhan yang anda lakukan
secara langsung memperbaiki dan mengasah keahlian dan semangat yang anda
miliki.
Jadikan instansi/organisasi
dimana anda berkarya sebagai tempat untuk meningkatkan mutu harga diri anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar