Minggu, 28 Oktober 2012

Sarjana Ogah menjaga “toko”ortu ,Seri Ke wira usahaan.



Kank , kata papa saya di minta menggantikan posisinya  di perusahaan keluarga  sekalipun saya mendapat mata kuliah kewirausahaaan ,rasanya saya ogah...?




Sebenarnya rasa ogah anda perlu diklarifikasi dengan lebih jelas ,anda ogah menggantikan posisi  papa  sebagai sekedar penjaga “toko “ atau ogah menjadi pengelolahnya walau tanpa harus menjadi penjaga “toko “.Bidang pekerjaan apapun hanya dibedakan oleh dua perilaku yakni sekedar bekerja atau doing with passion . OK ...penarkah terbayang olehmu perusahaan papamu menjadi perusahaan besar dengan ribuan karyawan melalui ilmu yang kamu  dapatkan dari bangku sakolah.Memang beda perusahaan yang sudah mendapatkan polesan  dengan ilmu kewirausahaan dengan yang tidak  banyak perusahaan  dikelola  keluarga yang menjadi brand heritage ...seperti perusahaan rokok ,perusahaan kosmetik  ,perusahaan media dll.

Ada banyak perusahaan  yang sukses “menjadi  pemimpin pasar ,jika diamati tidak jarang karena  sentuhan owner atau CEO ,mereka mengelola perusahaan untuk lebih berorientasi secara wira usaha ,kreatif ,inovatif dan berdaya saing .Sementara kecepatan pesaing dibarengi dengan percepatan media  teknologi informasi  komunikasi  semakin gesit dan dapat mempengaruhi omset perusahaan anda.

Interpersonal /Relationship Skill

Saat ini kemampuan membina relasi  dengan klien adalah  suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan  oleh setiap pemilik usaha.Mereka harus selalu mengikuti trend perilaku konsumen terutama kebutuhan dan kecemasan pelanggan ,jika perlu dibangun sistem dan strategi  pengelolaan  relasi terhadap pelanggan termasuk mengetahui masalah mereka  dan memberikan solusi .


Jadilah Duta Perusahaan Anda

Setiap pemilik dan pegawai perusahaan pada hakekatnya adalah duta bagi perusahaan mereka harus membawa product  dan image  sekaligus. Segala sepak terjangnya harus mewakili  citra yang ingin dikembangkan perusahaannya. Visi perusahaan harus dapat dijiwai oleh pemilik perusahaan dan pegawainya ,maka passion dan keteladanan  menjadi  hal wajib bagi owner dan keluarganya.


Pemanfaatan ICT

Memanfaatkan social network  untuk conversation kegiatan bisnis telah menghasil kan e’entreprenurship negeri ini yang kian berkembang. Kemampuan membuat web perusahaan mempublish dan membagikan kepada calon dan klien merupakan  upaya membuat informasi terkini yang mencerahkan klien sekaligus menciptakan repeat order.


Kreativitas  dan daya inovasi

Seorang pengusaha harus selalu mampu “membuat “merknya untuk hidup lebih hidup karena  jika tidak maka merknya bisa tergerus oleh persaingan dan roda zaman. Semangat kreatif dan berdaya inovasi harus dimiliki oleh seorang entreprenuer .disinilah peran anda selaku sarjana yang memiliki pengetahuan kewirausahaan dibutuhkan..

Sekarang terserah anda..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar