Selasa, 04 Desember 2012

Kiat Menjadi Pribadi Yang Kompetitif

 
[94:5] Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
 
 
 
[94:6] sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
 
 
 
[94:7] Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain1587,
 
 
 
[94:8] dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. 
 
 
Qs Nasyirah 5-8

Kank ,sebagai lulusan S1 bagaimana caranya agar saya memiliki daya jual di pasar kerja serta dapat mempengaruhi orang .Saat ini saya merasa tidak PD dengan diri dan pekerjaan “ala kadarnya “yang saya jalani Bagaimana caranya agar saya memiliki daya saing..?

 Perlu diketahui ada beberapa tipe rasa percaya diri di dalam dunia organisasi utamanya dalam membangun spirit kinerja :

 Pertama :Kondisi yang membuat anda “terpuruk’ pada kondisi rasa minder adalah karena anda menempatkan diri pada posisi  sebagai sosok yang tidak percaya diri terhadap diri sendiri dan dimata orang lain. Anda tidak mengenali potensi unik yang anda miliki  serta tidak mampu mendemonstrasikan keunikan yang anda miliki .Ambil contoh jika anda merasa biasa saja sebagai lulusan S1 jika   anda tetap merasa tidak memiliki kompetensi serta merasa  tidak pantas bersaing maka anda akan tetap pada posisi ,dianggap orang yang tidak memiliki kompetensi,apalagi jika anda merasa lebih nyaman tanpa tugas yang menantang. Anda dipandang tidak memiliki diferensiasi  dan memang belum pantas untuk mendapatkan  tugas yang anda emban.

Kondisi yang kedua adalah ikut ikutan,perasaan pesimis atau merasa bahwa anda memang merasa tidak pantas untuk bidang pekerjaan yang anda kerjakan adalah karena anda ikut ikutan kelompok rekan anda yang tidak produktif sehingga pola pikir  dan perilaku anda pun menjadi tidak produktif. Padahal sebelumnya saat anda awal mula diterima bekerja  semangat anda untuk menunjukkan kinerja secara optimal begitu menggebu gebu. Namun karena anda melihat dan dipengaruhi rekan rekan kerja untuk ikut dengan perilaku mereka anda pun terpengaruh.

Kondisi ketiga  adalah  anda merasa memiliki segala kemampuan namun sering kali tidak dapat digunakan  untuk peningkatan mutu hasil kinerja yang diharapkan di perusahaan /instansi di mana anda anda bekerja. Sehingga keunikan anda memang hanya sekedar keunikan yang belum dapat secara optimal dapat meningkatkan produktivitas kerja. Berusahalah untuk memperkenalkan keunikan anda yang memungkinkan anda bisa bermanfaat bagi bidang pekerjaan.


Kondisi ideal adalah anda dapat mengenali potensi keunikan dan manfaatnya bagi pekerjaan atau lintas bidang  di mana anda bekerja pada  perusahaan/instansi bersangkutan. Maka kenali potensi unik dari yang anda miliki mulai dari kecakapan berpikir,keterampilan bekerja , empati  dan karakter beragam kebaikan .Tingkatkan terus kemampuan anda dalam penguasaan bidang kerja yang anda geluti dengan begitu anda akan merasa percaya diri ,dengan bekal percaya diri anda akan merasa memiliki kebermaknaan dalam berprofesi.


Dengan memiliki bekal S1 anda telah memiliki kemampuan berpikir yang memadai,kemandirian  serta keberanian bertindak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar