Sabtu, 03 Agustus 2013

Kiat Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja Menjengkelkan

Tantangan seorang professional adalah menghadapi rekan kerja  yang tidak produktif suka mengganggu dan menjadi “CCTV” bagi bos..  Perilaku professional  yang dibutuhkan adalah memiliki kecakapan dalam memposisikan diri secara netral berperilaku secara positif  dan empati.Lantas bagaimana agar kita tetap hidup berdampingan dengan rekan kerja yang bermasalah tanpa harus melakukan kekerasan :
Rekan Kerja" CCTV " Bos


Rekan kerja anda bisa langsung menyerang anda dan memberikan informasi negative tenatang anda keada atasan jika anda menyerang dengan kalimat “ dasar penjilat ,informasi kecil kamu besar besarkan   ,,,segitunya kamu menjilat bos..!”.  akan lebih baik jika kalimat  yang anda ucapkan :”saya tidak tahu apa kamu mengerti resiko dari ucapanmu kepada bos.Saya hanya ingin mengatakan bahwa seluruh rekan kerja disini mulai resah dengan perilakumu.Ada baiknya kamu kurangi perilkumu itu jika kita ingin kompak membawa kemajuan  organisasi kita”.
 Rekan Kerja Bekerja Asal Asalan
kalau hanya  asal mengerjakan semua oranh juga bisa ,pekerjaan yang kamu hasilkan adalah yang terburuk  dari seluruh orang dikantor ini,dasar  bodoh..”. Jika kalimat ini anda ucapkan kepada  rekan kerja dapat dipastikan anda akan berkelahi dengannya.  Katakan : Saya tahu kamu tadi sudah berupaya kerras untuk mengerjakannya.Namun saya ingin memebrikan masukan tentang hasil pekerjaan yang kamu lakukan agar nanti jika dinilai atasan kamu tidak mengulang dari awal melainkan sudah bisa memperbaiki terlebih  dulu.. !
BOS Penguasa Tunggal
“Saya pernah bekerja dengan banyak atasan tapi tidak seperti bapak yang bahkan menagtur segala sesuatu sampai sekecil kecilnya.lantas apa lagi yag harus saya lakukan agar bapak /ibu merasa puas..?”. Bos anda bisa marah besar..!
Ada baiknya jika anda mengatakan :” Saya senang bapak /ibu memperhatikan pekerjaan yang saya lakukan sampai sekecil kecilnya.Dan saya sebenarnya ingin membicarakan kepada bapak ibu agar bisa bekerja lebih baik  dan saya berharap bisa memberikan yang lebih baik dari apa yang sudah saya lakukan ,erimaksih telah emmpercayai saya”.

Rekan Kerja Sok  Kuasa 

“ini bidang saya jadi jangan ikut campur !”,sambil jengkel anda tinggal pergi rekan kerja anda
Menghadapi rekan kerja yang suka mengatir atau ikutcampaur akan lebih baik jika anda ucapkan kalimat seperti ini..
“tampaknya kamu juga memiliki pengetahuan terhadap pekerjaan ini,saya ingin tahu apa pendapatmu tentang upaya yang saya /tim lakukan  agar berhasil dan kira kira peran apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu kami…?
Menghadapi rekan kerja yang bermasalah kadang bisa mendatangkan rasa sakit hati ,namun menemukan strategi mengahadapinya akan membuat anda jauh lebih bisa berdamai dengannya..!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar