Minggu, 01 Desember 2013

Mengasah Tampilan “ Positive Mental Attitude “ Siswa SMK

“  Kank ,soal keterampilan teknis sih saya tidak meragukan tapi soal sikap mental para siswa yang magang disini payah,masak hanya persoalan senyum saja sulitnya minta ampun  saat  berpapasan dengan pegawai disni” ,kata seorang Kasie di instansi yang ditempati praktek kerja industry (Prakerin )oleh para siswa SMK .

Sikap mental positif bagi siswa SMK  merupakan  proses dan kebiasaan yang diasah terus menerus ,dikelola  secara konsisten dan berkesinambungan. Bahasa non verbal  seperti kemampuan tersenyum saat berpapasan atau  berbicara yang efektif  merupakan bentuk dari ekepresi emosi .Agar senyum  dapat terlihat spontan maka  diperlukan pembiasaan dan latihan disetiap pembelajaran dilakukan dalam komunikasi nonverbal seperti gerakan tangan,mimik atau ekspresi wajah  ,gerak postur tubuh, posisi berdiri,cara berpakaian  serta cara dalam mengendalikan emosi.



Inilah beberapa cara agar Siswa SMK memiliki tampilan Positive Mental Attitude;

·         Melatih Siswa untuk  Tidak Bermuka Masam ; mengingat ekpresi raut muka adalah cerminan emosi siswa ajarkan siswa untuk terbiasa rileks , ramah,tidak memaksakan kehendak terbuka  ramah dan sopan saat berbicara,berpendapat,mengkritk atau berselisih faham  dengan teman sekelas ,guru dan orang lain. Mengingat ekpresi wajah akan dapat membangun citra diri siswa dihadapan orang lain.

·         Melatih siswa untuk menjaga Kontak Mata ,pastikan membiasakan diri untuk menjaga kontak mata secara ramah  kepada siswa sebagai bentuk keteladanan kepada siwa agar dapat menjaga kontak mata secra ramah dengan orang lain sebagai bentuk keseriusan.

·         Gerak postur tubuh , ajarkan siswa pria untuk berdiri tegap , dengan bahu relaks ,lebar kedua kaki tidak melebihi bahu .Sedangkan untuk siswi  posisi kedua kaki merapat ,diusahakan agar berdiri secara tegak  untuk menunjukan sikap serius,bersungguh sungguh dan bersemangat.


Sikap mental positif memiliki peran penting bagi calon professional ,bagi lulusan SMK bekal ini semestinya sudah menjadi bagian dari pembelajaran apapun jurusannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar