Minggu, 09 Oktober 2011

Imajinasi dan Kecepatan, Ketrampilan Music Director

Namanya Ellia ,mantan penyiar  radio yang dipercaya sebagai Music Director sekaligus menjadi music  illustration or advertisenment atau membuat jigle.Ditempatnya ia bekerja.Padahal keahliannya itu didapat secara otodidak mengingat ia Dra ekonomi,nyaris ilmu ekonominya tidak banyak digunakan.

“Bagaimanapun radio  masih efektif untuk menyampaikan iklan ,karena itu jingle sangat berperan memiliki point persuasif untuk mengajak pendengar ,mengenal,mengetahui,tertarik dan memiliki keinginan membeli produk yang diiklankan.Inilah tantangan kami ,mengingat competitor radio bukan hanya sesama radio tapi juga media ICT lainnya”.Begitulah Ellia mulai bercerita.

“Membuat sebuah produk “komoditas”menjadi sebuah brand maka penggunaan lagu dan kalimat harus tetap dapat membangun assoiasi terhadap  produk itu sendiri.Tune lagu harus catchy,lagunya dibuat popular ,riang .Buat as simple as that .”

“Team kami mendesain agar jigle sebagai penguat narasi penjelasan produk. Dengan menemukan chemistry antara jigle dan produk,melalui kebutuhan klien akan tujuan iklan dibuat.Sering kami memberikan alternate namun belum tentu sesuai dengan keinginan klien walaupun secara nalar kami lebih memiliki chemistry . Dalam dunia iklan kemampuan beradaptasi dengan klien adalah makanan sehari hari..”

"Berdasarkan pengalaman saya  inilah cara sukses merangkul klien ,pertama kita harus menggali harapan klien ,produk dan seluruh team yang terlibat.Kedua ada baiknya record iklan terdahulu ada baiknya dipelajari untuk diketahui kelebihan dan kekurangannyaKetiga ,siapkan argumentasi yang realistic dan profitable.jika konsep yang dibuat tidak disetujui klien.dan yang paling penting keep it simple’.Begitulah beliau menutup pembicaraannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar