Rabu, 05 Oktober 2011

Civil Engineer Sukses Mengelola Plaza

Katakanlah ,”Hai hamba-hamba Ku yang beriman,bertakwalah kepada Tuhanmu.Orang orang yang berbuat baik di dunia ini mendapatkan kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas . Hanya sesungguhnya yang disempurnakan pahala orang orang yang bersabar dengan tiada terhitung”,QS,Az Zumar :10






Lewat perjalanan karir yang panjang Ronald  akhirnya berhasil dipercaya untuk mengelola sebuah plasa di salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur.Mengawali karir sebagai civil engineer property menjadi ahli dalam mengelola ritel.

Sema seluk beluk dunia ritel nyaris dikasai dengan sempurna,maklum disamping gemar belajar dirinya juga suka ketelitian.:”Ritel itu menuntut karakter teliti,lihat  dari cara melipat baju di dept store,menata display agar dilirik orang sampai “penampilan “SPG  ada “standar bakunya.Lihat saja ketika SPG itu jorok atau ada luka yang membuat pembeli menghindar pasti berpengaruh pada penjualannya.”


“Sedangkan  Kesuksesan sebuah Plasa menurut saya terletak pada lokasi ,akses dan desain  bangunannya.Ketiga hal ini penting dan hars diperhatikan pengelola plasa jika ingin untung besar”.


“Saat mula saya dipercaya mengelola mal yang nyaris tutup pertama yang saya lakukan adalah merombak system manajemen lama  dan menggantinya dengan yang baru. Sehingga mudah bagi saya mengatur rencana dan strategi kemajuan persahaan . Awalnya sayapun dibenci banyak orang maklum dengan adanya perubahan kan berarti ada perubahan pola dan ritme kerja,Namun karena owner mengijinkan dan memberikan kepercayaan penuh kepada saya maka saya berani melakukannya. Diantaranya saya memberikan penekanan secara detil dalam memberikan tugas dan tanggung jawab kepada staff.Saya pun bertaruh jika sat semester tidak ada perubahan saya mengundurkan diri”.
“Langkah awal saya bersama team marketing meyakinkan pihak tenant bahwa plasa yang kami kelola akan booming,,saya sadari bahwa tenant inilah sumber profit utama disamping parkir dan pengunjung”.


Setelah konsumen dan SDM,maka saya melanjutkan tentang keunikan palsa yang saya kelola ,saya berpikir ada “masjid terutama untuk hari Jum’at, dan beberepa fasilitas lainya.Mulai dari petugas fronliner kami wajibkanmenghormati pengunjung terutama saat pemeriksaan tas.termasuk kehati –hatian ,mengingat ada tas yang berharga jutaan rupiah”.

“Sebenarnya tidak ada kunci sukses dalam mengelola plasa kecuali kerja keras ,komunikasi secara intens di semua level jabatan,kemampuan berpikir positif dan bersyukur ,dua terakhir ini yang paling penting”


Satu lagi kank ,tidak penting jabatan apapun direktur manajer atau ceo. Yang terpenting apakah kita sudah benar  benar menjalankan peran secara professional terhadap amanat yang dititipkan kepada kita..!’.Begitulah pak Ronald menutup pembicaraannya.

1 komentar: