Katakanlah ,”Hai
hamba-hamba Ku yang beriman,bertakwalah kepada Tuhanmu.Orang orang yang berbuat
baik di dunia ini mendapatkan kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas . Hanya
sesungguhnya yang disempurnakan pahala orang orang yang bersabar dengan tiada
terhitung”,QS,Az Zumar :10
Lewat perjalanan karir yang panjang Ronald akhirnya berhasil dipercaya untuk mengelola
sebuah plasa di salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur.Mengawali karir sebagai
civil engineer property menjadi ahli dalam
mengelola ritel.
Sema seluk beluk dunia ritel nyaris dikasai dengan
sempurna,maklum disamping gemar belajar dirinya juga suka ketelitian.:”Ritel itu menuntut karakter
teliti,lihat dari cara melipat baju di
dept store,menata display agar dilirik orang sampai “penampilan “SPG ada “standar bakunya.Lihat saja ketika SPG itu
jorok atau ada luka yang membuat pembeli menghindar pasti berpengaruh pada
penjualannya.”
“Sedangkan Kesuksesan sebuah Plasa menurut saya terletak
pada lokasi ,akses dan desain
bangunannya.Ketiga hal ini penting dan hars diperhatikan pengelola plasa
jika ingin untung besar”.
“Saat mula saya
dipercaya mengelola mal yang nyaris tutup pertama yang saya lakukan adalah merombak
system manajemen lama dan menggantinya
dengan yang baru. Sehingga mudah bagi saya mengatur rencana dan strategi
kemajuan persahaan . Awalnya sayapun dibenci banyak orang maklum dengan adanya
perubahan kan berarti ada perubahan pola dan ritme kerja,Namun karena owner
mengijinkan dan memberikan kepercayaan penuh kepada saya maka saya berani
melakukannya. Diantaranya saya memberikan penekanan secara detil dalam
memberikan tugas dan tanggung jawab kepada staff.Saya pun bertaruh jika sat
semester tidak ada perubahan saya mengundurkan diri”.
“Langkah awal saya
bersama team marketing meyakinkan pihak tenant bahwa plasa yang kami kelola
akan booming,,saya sadari bahwa tenant inilah sumber profit utama disamping parkir
dan pengunjung”.
Setelah konsumen dan
SDM,maka saya melanjutkan tentang keunikan palsa yang saya kelola ,saya
berpikir ada “masjid terutama untuk hari Jum’at, dan beberepa fasilitas
lainya.Mulai dari petugas fronliner kami wajibkanmenghormati pengunjung
terutama saat pemeriksaan tas.termasuk kehati –hatian ,mengingat ada tas yang
berharga jutaan rupiah”.
“Sebenarnya tidak ada
kunci sukses dalam mengelola plasa kecuali kerja keras ,komunikasi secara
intens di semua level jabatan,kemampuan berpikir positif dan bersyukur ,dua
terakhir ini yang paling penting”
Satu lagi kank ,tidak
penting jabatan apapun direktur manajer atau ceo. Yang terpenting apakah kita
sudah benar benar menjalankan peran
secara professional terhadap amanat yang dititipkan kepada kita..!’.Begitulah
pak Ronald menutup pembicaraannya.
Sebuah inspirasi yang berharga. Trims bro atas tulisannya!
BalasHapus