Rabu, 02 Januari 2013

Kiat Tampil Percaya Diri Dalam Dunia Kerja (Self Hypnosis for Proffesional)



Sebagai pegawai baru saya sering minder untuk bisa tampil setara dengan para senior .Lantas apa yang mesti saya lakukan..?

 




 (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya ALlah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.   Qs An Nur 38.



Wajar sebagai pendatang baru ,anda memiliki rasa kurang percaya diri dilingkungan baru sebagai upaya penyesuaian diri. Namun jangan biarkan rasa minder anda justru merusak image dan performance anda. Inilah beberapa cara agar anda tampil lebih percaya diri dalam profesi.

Pertama ,Yakin pada Kompetensi yang anda miliki .

Sering kali pegawai baru/yunior  tergoda untuk menurunkan tingkat rasa percaya diri atas kompetensi yang dimiliki ,jika diberi tugas merasa tidak pantas ,merasa tidak bisa  merasa belum waktunya dsb. Akibatnya baik rekan maupun atasan akhirnya benar benar beranggapan anda memang tidak becus diberi tantangan. Disamping resiko anda kehilangan kepercayaan ,merendahkan diri akan merusak citra dan reputasi anda sebagai profesional .

Karena itu miliki keberanian untuk menerima tantangan sekaligus yakin pada kompetensi yang anda miliki,you can if you believe you can..!

 Kedua . Hindari Over Confidance

Tidak jarang sebagai pegawai baru dengan merasa memiliki keterampilan dan ijasah  yang bisa dibanggakan merasa diri adalah segala galanya. Akibatnya justru menimbulkan keresahan para senior,merasa diri paling bisa dan dilanjutkan dengan meremehkan kemampuan senior hanya mendatangkan permusuhan sekaligus menciptakan suasana kantor yang tidak nyaman .Sehingga pada akhirnya   merugikan diri sendiri,karena anda akan dikucilkan ,tidak mendapat bantuan saat kesulitan dan berkemungkinan anda di “promo singkirkan.”

Miliki kesediaan untuk belajar dan mempelajari bidang tugas yang anda geluti serta menghormati senior sebagai pendahulu yang memiliki pengalaman dalam bidang tugas bersangkutan.”Learn how to do “

Ketiga ,Kenali Medan

Pengetahuan  terhadap medan tugas akan membantu anda dalam menyusun strategi profesionalitas .Pengetahuan akan beban tugas  ,target ,dan harapan dari kinerja tim akan berguna bagi anda dalam menjalankan profesi. Pengenalan terhadap rekan kerja,klien,atasan dan pemegang saham mempermudah anda dalam beradaptasi mengingat para “stake holder” ini  sangat demanding ,jangan sampai anda keliru membaca perilaku mereka,salah dalam merespon perilaku  bisa membuat anda ditinggalkan oleh mereka.

Keempat :Istiqomah

Konsistensi mempertahankan performa prima seperti saat bekerja pada hari pertama akan membuat anda akan terus memiliki semangat untuk memberikan yang terbaik dari yang anda punya. Sekaligus dapat membangun citra positif atas kinerja yang anda miliki sebagai profesional. Konsistensi ini adalah bagian dari pembentukan karakter anda sebagai profesional.


Dengan anda memiliki kepercayaan diri,percaya pada diri sendiri ,percaya pada kompetensi yang anda miliki anda bisa bekerja secara optimal,mendatangkan keteduhan bagi orang lain memiliki interpersonal skill dan integritas sebagi karakter anda.

Dengan demikian anda dapat bekerja secara profesional.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar