“ mereka menanyakan kepadamu: "Apakah yang Dihalalkan bagi
mereka?". Katakanlah: "Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan
yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatih nya
untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah
kepadamu[399]. Maka makanlah
dari apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah
nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepaskannya). dan bertakwalah kepada
Allah, Sesungguhnya Allah Amat cepat hisab-Nya. QS Al Maidah: 4
Perubahan tidak dapat dipungkiri di segala aspek
kehidupan bisnis dan karir,dan perubahan itu dapat mempengaruhi bahkan memaksa
organisasi/instansi untuk menyesuaikan
diri dalam memberikan pelayanan kepada klien/konsumen. Tentu saja semua pelaku organisasi harus dapat
beradaptasi terhadap perubahan itu bila ingin tetap eksis. Perubahan itu
meliputi :
-
Perubahan tuntutan masyarakat:perubahan ini meliputi
hal hal seperti menginginkan pelayanan
yang lebih cepat ,ke ramah-tamahan,bukan sekedar janji ,mendapatkan
kepastian solusi atas permasalahan yang dihadapi ,menginginkan pelayanan yang
dapat memenuhi kebutuhannya ,mendapatkan kepuasan dari pelayanan,tidak mau
dikecewakan,mempunyai hak komplain dan menuntut kepada pihak yang berwenang.
Dalam hal ini
staf/karyawan /pegawai harus dapat menyesuaikan diri terhadap tuntutan
pelayanan dengan mengasah kecerdasan emosi ,misalnya dapat mengenali emosi
diri seperti tidak mencampur adukan
antara konflik pribadi dengan tugas
profesional. Kemampuan mengendalikan diri saat menghadapi komplain dari
masyarakat ,memiliki empati dan dapat
memberikan layanan yang memuaskan kepada
konsumen serta memiliki etos kerja produktif.
-
Perubahan teknologi dan efektivitas
pelayanan .Perubahan teknologi informasi komunikasi (TIK )mendorong pengelolaan sumber daya dan informasi menjadi lebih mudah ,lebih
murah ,lebih cepat,menyenangkan dan mudah diakses .Dengan demikian memudahkan
sistem transaksi pelayanan prima yang diberikan untuk
memberikan kepuasan kepada ‘konsumen’. Perusahaan terlebih instansi dapat
dipastikan akan memanfaatkan (TIK) dalam
sistem manajemen nya untuk berbagai kepentingan seperti pelayanan
administratif,promosi,pencitraan ,data base
dsb,guna efektivitas kegiatan .
Sebagai pelaku
organisasi setiap individu dituntut terus meningkatkan skill untuk mengusai perkembangan
TIK terutama untuk sistem
pelayanan perkantoran. Maka meng up-grade
pengetahuan ,kesediaan untuk mempelajari sistem operasi manajemen berbasis
TIK sampai pada meningkatkan
keterampilan menguasainya amat dibutuhkan dalam peningkatan kinerja
dan efektivitas pelayanan.
-
Perubahan ekonomi,politik ,sosial dan budaya :
tidak dapat dipungkiri baik perusahaan maupun instansi tidak dapat menduga (unpredictable),tidak dapat menolak (uncontrolable),pada perubahan
kebijakan,tuntutan budaya
masyarakat,atau musibah besar yang datang tiba tiba . Ambil contoh jika
ada kebijakan pada kenaikan tarif dasar listrik/BBM tentu akan berpengaruh pada
perekonomian secara nasional sehingga mempengaruhi perilaku sosial yang ada
dimasyarakat , budaya masyarakat yang terbiasa royal atau doyan belanja menjadi terpaksa hidup sangat hemat sehingga
mempengaruhi omzet perusahaan ,sampai perusahaan terpaksa “merampingkan”
karyawan ,ancaman PHK besar besaran .
Pada instansi pelayanan
publik ,ambil contoh apabila ada
kesalahan pelayanan,kebijakan pimpinan atau kebijakan baru dari pemerintah ,tentu bisa memicu konflik pada masyarakat
yang berakibat demo besar besaran atau mendapatkan sorotan terus dari pihak berwenang sehingga berakibat pula pada
pengetatan anggaran kesejahteraan ,tuntutan budaya efektif dan efisien dalam
kinerja pelayanan ,sehingga mengubah budaya di instansi serta turunnya jumlah
pendapatan pribadi yang diterima.
Sebagai tenaga pelaksana tentu saja tidak dapat menolak perubahan aturan yang
bisa diambil organisasi untuk
memenuhi berbagai tuntutan akan
perubahan yang sedang berkembang. Maka
kemampuan menerima kondisi yang tiba tiba berubah adalah cara efektif agar dapat beradaptasi dan melakukan tugas secara optimal.
-
Perubahan adalah sebuah kepastian ,maka hanya seorang yang
mempunyai kesadaran akan pentingnya
beradaptasi dalam perubahan akan bisa memenangkan persaingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar