Sabtu, 01 November 2014

Mengatasi Perasaan Tak Berharga

Kank Hari, saya sejak kecil selalu diremehkan oleh orang tua dan keluarga,sampai saat ini saya sudah bekerja masih dianggap belum bisa membanggakan keluarga.Sehingga saat ini dalam berprofesi dan membina hubungan sosial saya sering merasa tertekan ,merasa benci pada diri semdiri,sering minder dan beranggapan saya memang tak layak untuk sukses, bagaimana saya harus bertindak…?  

 Allah Berfirman “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya  Dia menguji kamu siapakah yang lebih baik amalnya diantara kamu. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” . Qs. Al Mulk 2.

  Dr . David Bruns psikiater dan penulis buku “Felling Good” mengatakan, “People who like them selves radiate a positive spirit which makes them truly attractive. Your self esteem  result primarily from the messages your give yourself. If You put your self down great deal,you are going to be depressed. Un Happy and low self esteem”.

Berat ringannya beban yang anda pikul sebenarnya terletak pada cara pandang anda terhadap diri sendiri. Oleh karena itu mulai membangun konsep diri yang positif agar anda dapat menghargai diri sendiri sekaligus mendapatkan penghargaan dari orang lain.



Pertama, pusatkan pada aspek positif yang  anda miliki, nikmati pekerjaan anda sebagi profesi yang amat anda sukai,bayangkan pekerjaan yang saat ini adalah bidang yang akan mengantarkan anda kejalan yang lebih sukses dimasa depan. Dengan demikian anda akan termotivasi dan bertindak lebih disiplin berlandaskan “kenyataan” yang anda hadapi. Lakukan pemecahan persoalan kehidupan sehari hari dengan lebih praktis ,berupayahlah untuk berbaik sangka terutama kepada Allah SWT daripadamenyalahkan masa lalu dan menyesalinya. Bertindaklah sesuai azas kebenaran agar anda lebih mantap dalam melangkah.

Kedua, tingkatkan hubungan baik dan interpersonal skill   dengan teman ,rekankerja relasi,atasan dan masyarakat lingkungan disekitar anda. Dengan  demikian anda memiliki pengalaman bergaul yang menyenangkan sehingga memperkuat self confidence anda. Jika bertemu orang orang yang anda anggap bermasalah,hadapilah seobjektif dan se rasional mungkin orang orang tersebut agar “ tidak melukai” anda. Jika anda memang merasa tersinggung, analisa diri sendriri apakah yang sesungguhnya dimaksud orang tersebut dan menemukan alasan mengapa anda tersinggung.

Ketiga, Nikmatilah hidup dengan memiliki dan mengembangkan hobbi. Gunakan hobbi sebagai penyaluran perasaan yang tak nyaman yang anda rasakan secara kreatif seperti menulis puisi ,sajak mencipta lagu ,berolah raga dsb. Pusatkan pada aspek positif dalam hidup anda yang pernah anda raih,Buatlah rincian daftar yang patut anda syukuri atas apa yang sudah anda dapatkan dan anda capai dengan susah payah .

Dan selanjutnya berdamailah dengan diri sendiri agar anda dapat menebar kedamaian dimanapun anda berada.  Kank Hari  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar