Minggu, 14 Desember 2014

Menjadi Pribadi Berdaya Saing

Kank, Bagaimana caranya agar saya memiliki daya saing dan diperhitungkan perusahaan ..?
Saat ini persaingan semakin ketat, didunia industri dan di dunia usaha dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat pada akhirnya setiap individu memasuki era kompetisi.Era kompetisi ini merupakan tantangan bagi setiap orang untuk meningkatkan kompetensinya dibidang pengetahuan ,keterampilan maupun sikap mental. Oleh karena itu diperlukan beberapa kiat agar menjadi pribadi yang memiliki daya saing. Berikut kiat menjadi pribadi berdaya saing:

Citra diri bukan cuma kelihatan baik tapi benar benar baik.

“Be Competent, Gain  respect and admiration of stakeholder by demonstrate adequate interpersonal and professional ability”. 


Orang lain ,stake holder ataupun perusahaan akan menilai anda dari berapa kontribusi yang anda bisa berikan  kepadanya sebagai cara pandang jangka pendek selanjutnya kualitas perilaku anda sebagai ukuran kelayakan mempertahankan eksistensi anda dalam membina relasi. Oleh karena itu anda harus mempertahankan kesinambungan dan keberlanjutan secara istiqomah aspek hard skill dan soft skill  guna diperhitungankanoleh “stakeholder”. Oleh karena  citra diri anda terletak pada kenyataan sesungguhnya kebaikan anda,

Bagi stakeholder alasan mempertahankan anda dalam membangun relasinya berdasarkan berapa besar kemanfaatan berhubungan dengan anda dibandingkan kerugian yang dideritanya. Oleh karena itu berupayahlah untuk memberikan kemanfaatan sebanyak banyak nya pada orang lain secara konisten. Hindarkan mendatangkan kerugian bagi orang lain saat berhubungan dengan anda apalagi berniat memanfaatkan orang lain untuk kepentingan diri sendiri dalammembina sebuah relasi.  

Salah satu cara agar anda bisa diperhitungkan oleh stake holder untuk menjalin sebuah relasi adalah mendatngkan kemanfaatan dan keuntungan bagi nya ,terus tingkatkan kompetensi dan kepribadian.   

Berfokuslah pada upaya untuk terus memberikan kontribusi hasil bukan hanya membuat senang atasan.

“ Do always  your best , Show consistency  in your behavior , Your work  is a reflection of who you are”.

Alasan sebuah perusahaan mempertahankan karyawannya dikerenakan karyawan tersebut masih dapat memberikan hasil kepada perusahaan,jika tidak dapat memberikan hasil kepada perusahaan maka dianggap sia sia memberikan gaji kepada karyawan tersebut. Oleh karena itu tidak ada jaminan bagi anda jika saat ini anda begitu loyal kepada tasan tapi tidak dapat memberikan kontribusi hasil kepada perusahaan. Alasannya atasan bisa diganti sementara kemampuan anda tikdak kunjung berkembang. Oleh karena itu selama menjalani proses bekerja tingkatkan teris kinerja nada sehingga memberikan hasil yang dapat membanggakan atasan sekaligus perusahaan.

Selanjutnya penilaian kinerja bukan terletak  pada terselesaikannya  beban pekerjaan yang anda secara kuantitatif melainkan secara kualitataif ,mengingat tuntutan masayarakat dan konsumen seudah berbasis budaya mutu. Mengingat daya saing peruasahaan terletak daya tarik mutu produk/jasa dikarenakan efektifitas biaya, kepuasaan konsumen dan kesetiaan pelanggan pada pelayanan peruasahaan bersangkutan.

Milikilah tangung jawab untuk menghasilkan yang lebih baik.

“Trust is hard to gain but easy to lose,  has  to be able to anticipate the change, proactive to respond in uncertain whether and un predictable surrounding, circumstances  or environment” .


Perubahan gaya hidup konsumen dan tuntutan peruasahaan akan terus berubah seiring dengan perubahan kondisi pasar oleh karena itu dibutuhkan sikap proaktif bukan hanya sekedar reaktif . Kembangkan kemampuan peka membaca keadaan  termasuk perubahan agar anda tidak kesulitan saat perubahan itu datang . Peruabahan kebijakan perubahan pasar ,perubahan teknologi perubahan sistem penggajian dsb. Jadilah anda agen perubahan ,pendorong peruabahan dan mulaialah dengan niat untuk peruabahan karah perubahan diri yang lebih baik ,semoga berhasil.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar