Sabtu, 19 Februari 2011

Kerja Keras &Cinta Profesi,Gen Y


"Karena itu cinta dan kerja keras harus menjadi pembiasaan keseharian dalam kehidupan dirumah maupun disekolah !".Kank Hari Insight Management

Gen Y yaitu generasi yang lahir antara tahun 1982-2000 mereka adalah generasi yang memiliki kecepatanggapan dan naluri bersaing yang tinggi mengingat pola asuh orang tua yang lebih "memerdekakan". Disamping kecangihan tehnologi informasi dan komunikasi yang mengelilinginya bahkan jauh sebelum dirinya dilahirkan.Sehingga mereka menjadi generasi yang mau menangnya sendiri susah diatur dan kurang bertanggung jawab.Betulkah..?

Kebiasaan hidup yang "terbebaskan " pada akhirnya membentuk karakter :selalu mencari tantangan dan hal baru ,beraktualisasi diri dan sangat membutuhkan pengakuan.Karena itu cinta profesi dan kerja kerasnya selalu berkaitan dengan tuntutan hasil yang semestinya mereka terima.

Untuk itu Gen Y memerlukan strategi pengembangan karir sejak dini . Maka tahapan ini yang mesti dilakukannya ;

1.Dalam pemilihan jurusan dibangku kuliah Gen Y semestinya fokus pada minat dan bakat yang dimiliki bukan saja agar betah dibangku kuliah melaiankan juga berprestasi pada jurusan yang dipilihnya.Bukan sekedar Kuliah ..!

2.Kemampuan menemukan hasrat besar untuk berhasil ,passion sehingga keberhasilan akan segera dicapainya denagan segala kegigihannya memperjuangkan ide yang mereka punya.

3.Ambisi dan semangat memperjuangkan ide adalah kunci dari keberhasilan setiap orang baik yang lulusan PT atau tidak karena itu GEN Y harus terkondisi untuk memiliki naluri bersaing yang tanpa batas. Karena itu pemahaman lingkungan keluarga terhadap keberhasilan hidup sangat penting termasuk perjuangan mereka dalam mewujudkan idenya.

4.Kecakapan pribadi (soft skill) yang dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri di masa depan sesuai jenjang pendidikan adalah sebagai berikut :

Jenjang S2 untuk jabatan penyelia hingga top manajemen membutuhkan soft skill:jiwa kepemimpinan,keterbukaan kecakapan interpensonal ,manajemen konflik ,seni penagambilan keputusan dan penguasaan secara menyeluruh proyek yang dikerjakan.

Jenjang S1 untuk jabatan penyelia dan middle management membutuhkan soft skill ;kepemimpinan,pribadi yang terarah kecakapan beradaptasi presentasi ,keterbukaan dan pengelolaan team.


Jenjang D3 untuk bidang kerja pelaksana membutuhkan soft skill ;peribadi yang terarah,interpesonal ,beradaptasi ,kerjasama dan pembelajar yang cepat.


"Karena itu cinta dan kerja keras harus menjadi pembiasaan keseharian dalam kehidupan dirumah maupun disekolah !".Kank Hari Insight Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar