Rabu, 08 Februari 2012

Akhlak itu Utama dalam Berprofesi ..!


Akhlak ,itu Utama dalam Berprofesi ..!

“Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya khusus menimpa orang orang yang dhalim saja diantara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat pedih siksaNya. QS Al Anfal :25.

Pada saat mewawancari seorang calon karyawan untuk ditempatkan di sebuah perhotelan saya sempat tanyakan ,bersediakah kalian kerja lembur…tanpa tambahan upah..?.Mayoritas pelamar menolak dan malah ada yang pasang tariff . Dari 12orang pelamar hanya ada satu menjawab bersedia… !

Saya tergoda untuk bertanya ,apa alasan kamu bersedia kerja lembur… ?

Ya ,karena sebagai karyawan yang dibutuhkan perusahaan untuk kerja lembur tentu kami lakukan dengan senang hati pak ,apalagi perusahaan jasa pelayanan ,saya hanya tidak ingin mengecewakan pelanggan..!,saya pun tersenyum .

Lantas bagaimana dengan kerja lembur mu tanpa dibayar…?tanya saya lagi.

Saya tahu ini perusahaan besar,sepertinya perusahaan professional akan sangat menghargai setiap tetes keringat dari karyawannya.Saya yakin perusahaan tidak tutup mata..!”

Dari hasil “rundingan” saya bersama beberapa teman pewawancara memang gadis muda berbakat inilah yang saya rekomendasikan untuk diterima…belakangan saya mendengar sat ini sudah mendapat kedudukan yang lumayan diperusahaan tersebut.

Makin kompetitifnya suatu persaingan,akan membuat perusahaan selektif memilih karyawan pertimabangannya bukan hanya orang yang cerdas intelektualitasnya melainkan juga cerdas emosinya,artinya berakhlak.mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk image recovery apabila konsumen kecewa dan marah atas akhlak buruk karywan akan membuat perusahaan berdampak negative pada keuntungan dan kemjuan perusahaan.Perusahaan yang unggul senantiasa mengutamakan akhak diats prestasi akademik dan kompetensi.lantaran ahklak adalah identitas dan intergritas ,sedangkan ketrampilan dan pengetahuan bisa dilatihkan dan akhlak sulit dilatih bila bawaan sebelum bekerja memang jelek.

Mengapa Akhlak penting

”Telah terjadi kerusakan di bumi dan dilaut ,disebabkan perbuatan perbuatan manusia. Allah menimpakan kepada mereka akibat dari perbuatannya . Mudah mudahan mereka kembali kejalan yang benar”. QS Ar Rum 41

Factor pertama ;Sesorang tentu berharap nyaman dan bahagia saat bekerja ,orang berahklak akan berupaya dengan sepenuh hati menjalankan keyakinannya tanpa memiliki niat berbuat dosa. Yakni sebuah perbuatan yang menggelisahkan hati (karena melanggar ) serta takut dilihat orang (ketahuan curangnya). Orang berakhlak akan berupaya menjalankan tutunan agamanya dalam berprofesi ,sehingga mereka merasa bersalah jika tidak mempersembahkan yang baik dalam dedikasinya sebagai karyawan karena Tuhan mengajurkan untuk berlomba lomba dalam kebaikan.

Factor kedua :setiap bagian,devisi maupun depertemen yang dipimpin atau diawaki oleh team yang berakhak.akan senantiasa berfokus pada kinerja terbaiknya tanpa diawasi karena orang berakhlak meyakin Sang P engawas adalah Yang Maha Tahu serta hati nuraninya sendiri mereka akan berusaha ,melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan berupaya meningkat kan produktifitas.

Factor ketiga : karyawan berakhak memiliki social intelligence dapat menjaga hubungan yang baik antar karywan.bersikap baik penuh pengertian dan sopan setiap saat.menjadi anggota team work yang solid dan berkontribusi. Mudah mendapatkan kepercayaan dan respek dari rekan kerja ,atasan dan personalia. Mereka sangat memperhatikan privasi dalam hubungan antar ribadi

Faktor keempat : karyawan berakhlak akan bersungguh sungguh dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya sehingga hasilnya bermutu maksimal . Bukan sosok yang menghalalkan segala cara ,gampang pamer ,egois dan merasa diri paling penting. Mereka memilih fokus untuk menyelesaikan tugas utamanya dengan sebaik baiknya agar bisa mengerjakan tugas tambahan dengan lebih baik karena hanya kemampuan terbaiknya yang dijadikan basis kinerjanya.

Jika akhlak anda gunakan sebagai kunci pembuka pintu keberhasilan dalam berprofesi maka anda akan dikenal sebagai karywan yang memiliki integritas,kepercayaan diri dan semanagat melayani yang mat dibuthkan perusahaan saat ini dan di masa depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar