Rabu, 01 Agustus 2012

Life skill Yang Berdaya Saing .


Kank ,saya juga tidak terlalu optimis dengan masa depan saya.Saat ini saya semester 7 di fakultas ekonomi ,walaupun  secara akademis nilai saya lumayan bagus IP mendekati 3,8.Namun melihat persaingan yang demikian ketat saya pesimis bisa mendapatkan pekerjaan yang memadai dengan ilmu yang saya miliki.Lantas apa yang harus saya siapkan berkaitan dengan personality...?

 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٌ۬ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ۬‌ۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ (١٨)
 
  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. Qs Al –Hasyr  : 18.





Kecemasan akan masa depan bisa dimiliki semua orang,namun kecemasan yang mendatangkan rasa pesimis hanya akan melemahkan gairah untuk meningkatkan daya saing pribadi.Maka dari itu guna meredam kecemasan akan lebih baik bila berkonsentrasi pada pengembangan diri ,personality development .Lantaran tak ada satu pun yang tahu apa yang bakal terjadi dimsadepan dan ketentuan akan sukses masadepan adalah mutlak kewenangan Tuhan . Tugas mnusia hanya brencana dan berupaya merajut masa depan dengan lebih baik.

Inilah beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk “menang “dalam persaingan.


1.       Tingkatkan “kompetensi” guna mendatangkan keterhadalan “value” bagi dunia  Industri

. ..Kompetensi yang anda miliki harus dapat mendatangkan kemanfaatan dan kesan keunggulan didunia industri. Semakin anda dapat dikenali unggul dalam kompetensi,semakin kuat anda dipertimbangkan untuk dipilih. Contohnya jika anda memang unggul dibidang akademik  yang berkaitan dengan knowledge maka anda harus melengkapinya dengan pemahaman dunia kerja,ketrampilan bahasa asing dan komputersasi serta berkomunikasi.Anda harus rajin untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan baik di dalam kampus maupun di dunia maya.

2.       Tingkatkan “keterampilan” guna memperkuat keahlian yang anda miliki.


Ketrampilan yang anda miliki adalah keahlian khusus  yang berkaitan dengan ilmu dasar  dari hasil anda kuliah selama beberapa tahun.Semakin anda menguasai keahlian yang dibutuhkan perusahaan semakin mudah bagi anda diterima. Jika anda   Sarjana Ekonomi maka keahlian yang menyertainya seperti kursus akuntansi,perpajakan,serta ketrampilan komunikasi bisnis internasional patut dipertimbangkan.

3.       Perbanyaklah magang /kerja part timer pada perusahaan /kerja sosial.
Pengalaman pernah bekerja akan membedakan seseorang memiliki pengetahuan sistematika bekerja,etos kerja serta profesionalitas. Bagaimanapun jika anda bekerja saat kuliah anda bisa learn how to do dan learning by doing sekaligus  anda memiliki pengalaman bekerja seusai kuliah.Jadi banyak perusahaan mensyaratkan pengalaman bekerja  kepada fresh graduate  maka anda sudah siap karena melakukannya saat sedang kuliah.

4.       Leadership skill sebagai ciri integritas anda.

Jika karir linear yang anda pilih sebagai pilihan profesi senantiasalah anda memiliki kemampuan kepemimpinan meliputi kesungguhan dalam bekerja sama,kecakapan persuasive ,kecakapan menyusun perencanaan,kecakapan mengelola kegiatan dsb ,yang biasanya didapat mahasiswa dengan berorgnaisasi baik didalam kampus maupun diluar kampus.Kecakapan leadership juga tercermin saat anda menuliskan lamaran kerja ,wawancara,test psikologis,simulasi kerja dan penampilan/performance anda.


Boleh saja kita cemas akan masa depan namun dengan mempersiapkan diri dengan lebih baik akan membuat masa depan jauh lebih baik. Selamat berusaha..!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar