Senin, 13 Agustus 2012

Manuver Pegawai (3) : “Tidak diusulkan dalam Pengangkatan” .


Sebagai  tenaga honorer  yang sudah lama tentu kami berharap dapat diangkat  sebagai pegawai tetap,namun dalam setiap pengangkatan nama saya tidak pernah muncul ,untuk diusulkan dalam pengangkatan.Apa yang mesti saya lakukan....?




 
 Katakanlah: "Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (tetapi) Amat sedikit kamu bersyukur. Qs Al Mulk (67): 23



Yang perlu difahami apakah sistem pengangkatan  otomatis hanya berdasarkan lama nya seseorang bekerja  atau ada sistem atau alat ukur yang memadai untuk kepantasan seseorang diangkat menjadi pegawai tetap Namun ada baiknya anda bertanya tentang kejelasan aturan main pengangkatan kepada personalia atau HRD.   Beberapa TIPs  yang mungkin harus anda persiapkan agar anda bisa lolos dalam pengangkatan.

1.       Pelajari tentang kebutuhan akan bidang kerja saat ini berdasarkan kompetensi bidang keahlian (actual situation).Karena itu amati pekerjaan yang anda lakukan saat ini betulkah sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang anda miliki,terutama berkaitan dengan ijazah yang anda miliki.Jika tidak segera tentukan program pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan yang mendukung pekerjaan anda.

2.       Lihat lah peluang yang memungkinkan anda dipertimbangkan  sebagai kandidat dalam pengangkatan. Tetaplah  bekerja secara profesional walupun anda mendapatkan “perlakuan “ belum dipertimbangkan dalam pengangkatan. Dengan tetap bersikap profesional akan memudahkan mereka memiliki alasan jika peluang untuk mempromosikan anda  pada program pengangkatan telah tiba (optimal situation ).


3.       Jangan jadikan tertunda nya pengangkatan sebagai alasan anda bekerja asal asalan dan tidak profesional tetaplah optimis dalam opportunity looks to the future dikarenakan bisa saja atasan atau instansi anda menunggu alasan yang tepat untuk mengusulkan kinerja anda dalam pengangkatan.

4.       Jika anda memiliki masalah dalam kinerja segera perbaiki secepat mungkin  agar citra diri anda tidak menjadi negatif dimata atasan dan instansi di tempat anda bekerja . seringkali sebagai pelampiasan dari rasa kesal ,pegawai bekerja asal asalan sebagai ajang “balas dendam “. Kendalikan litle problem yaitu perasaan kurang nyaman yang mengakibatkan anda agresif dengan Big Opportunity yakni peluang untuk ditetapkan sebagai pegawai tetap.

5.       Jangan dikira atasan anda tidak me “record’ etos kerja dan kinerja anda selama bekerja. Record itu bukan hanya berdasarkan bukti administrasi saja  melainkan juga dari laporan rekan sejawat maupun hasil kerja anda sendiri.Jadi tetaplah terus berupaya untuk profesional terutama atas target hasil yang menjadi tanggung jawab anda.Karena hanya hasil lah yang akan menjadi pertimbangan seorang atasan untuk mempertahankan posisi anda.


Salah satu alasan agar anda dipertimbangkan untuk dipertahankan atau diusulkan jika anda bisa menunjukkan mutu kinerja yang prima...!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar