Senin, 13 Agustus 2012

Manuver Pegawai (1): Proyek Diambil Kroni nya Sendiri .


“Kadang saya koreksi diri selama bekerja adakah kesalahan fatal yang saya lakukan sehingga saya sering /bahkan tidak pernah diberi proyek. Sepertinya proyek itu berputar putar pada pegawai  tertentu atau kelompok  tertentu,apa yang semestinya saya lakukan?”

 
 

 
29. Katakanlah: "Dia-lah Allah yang Maha Penyayang Kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah Kami bertawakkal. kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata".

30. Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; Maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?" QS Al Mulk 29-30




Jika anda merasa tidak melakukan kesalahan dalam pemenuhan hasil kinerja maka cobalah berani untuk bertanya pada saat rapat besar dengan seluruh kepala bidang /kasie   tentang aturan main dalam penunjukan pelaksanaan petugas dalam suatu kegiatan. Dengan demikian anda akan merasa memiliki pengetahuan tentang kelayakan  atas penunjukan seseorang. Sekalipun demikian banyak saya temui selaku konsultan SDM ,dibeberapa instansi termasuk instansi pemerintahan unsur like and dislike  menjadi dasar dari penunjukan seseorang. Mereka mengabaikan azas transparansi  akuntabilitas    dan fairness yang penting kroninya mendapat jatah . Inilah bebrapa cara agar anda dapat menyesuaikan diri dalam manuver pegawai :


1.       Present afixed solution:. “Tidak Ada wilayah kewenangan Tuhan Yang dapat Dikuasai manusia”.

Sadari bahwa rezeki bukan datang dari Manusia ,jika saat ini seakan manusia yang berkuasa itu hanya sementara dan Tuhan memang sedang membiarkan perilaku tidak adil kepada orang bersangkutan hanya persoalan waktu balasan ketidak baikan bakal mereka unduh . Kesadaran ini adalah Solusi menenangkan diri diperlakukan tidak fair oleh atasan /rekan sejawat setelah melakukan evaluasi diri tentunya.


2.       Reinforcement common sense and benefit :”Anda sedang dilindungi dari rezeki yang tidak layak “ .

Kuatkan diri anda  bahwa Tuhan sedang melindungi anda terhadap rezeki yang tidak pantas untuk anda persembahkan kepada keluarga yang bakal menjadi darah daging serta kehidupan bagi mereka.Tidak selalu yang nampak megah itu bisa membawa kebaikan apalagi jika muaranya dari sumber yang tidak jelas.


3.       Relationship Skill : “Silaturahmi bisa menambah rezeki”.

Tingkatkan kemampuan komunikasi anda termasuk membina relasi dengan atasan secara sehat. Keberanian mengemukakan ide/gagasan  kepada atasan  secara formal atau non formal serta memperkenalkan keahlian unik yang anda miliki   untuk perbaikan dan kemajuan instansi. Akan menambah point of value yang anda miliki dimata pejabat berwenang. Sehingga berkemungkinan untuk proyek tertentu akan dipercayakan kepada anda.Bisa atasan tidak tahu kompetensi anda selama ini.


4.       A specific decision about your performance : Integrity anda harus diatas rata rata pegawai biasa.

Agar anda bisa dikenali kinerjanya maka jangan mau jadi orang rata-rata pewagai,”rata rata pegawai disini itu kalau kerja harus disuruh ,rata rata pegawai disini itu baru akan bekerja kalau ada uang nyadan rata rata yang lain”. Tujukkan integritas dan dedikasi anda sebagai identitas cara anda menjalankan tugas secara terukur dengan demikian kompetensi anda akan udah dikenali.


5.       Finding to develop for your  skill and kowledge: jadilah anda ahli dibidang pekerjaan yang anda geluti.

Mengingat bahwa tuntutan atas mutu SDM demikian meningkat ,maka anda harus dapat meningkatkan mutu kinerja dengan terus meningkatkan pengetahuan pada bidang pekerjaan ,personality development serta perkembangan kebijakan yang terjadi. Mengingat bahwa atasan atau stake holder memiliki banyak pilihan dalam menentukan profesional guna keberhasilan proyek nya.



Tetaplah semangat,bekerja dengan semangat ,dan semangat menghasilkan kinerja yang berkualitas akan membuat rezeki akan berpihak kepada Anda . Tuhan tidak akan pernah tinggal diam kepada hambanya yang telah berusaha keras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar