Rabu, 27 April 2016

Mengatasi Perasaan Selalu Cemas Hasil Pekerjaan Tidak Memuaskan

Kank Hari Motivator MSDM Islami  
Walaupun saya sudah mengerjakan sesuai  dengan SOP yang dibuat perusahaan mengapa saya selalu merasa cemas , dan tegang terhadap apa yang sudah saya kerjakan, jangan jangan ada yang salah..?, Bagaimana cara mengatasinya, kank ...?”

Kecemasan adalah bentuk manifestasi antara harapan yang ingin anda dapatkan dan persepsi akan hasil yang tidak sesuai dengan harapan anda, padahal bisa jadi kecemasan anda hanya sebatas kecemasan saja belum tentu  terjadi dan mungkin tidak akan terjadi.Mengapa anda bisa demikian..?



Trauma Masa Lalu

Tidak dapat dipungkiri kecemasan yang selalu melekat dalam diri anda merupakan kumpulan, atau akumulasi dari pengalaman masa lalu yang membuat anda menjadi terbiasa mudah cemas. Seperti terlalu banyak menerima tuntutan, kritikan , dan harapan dari orang orang yang paling berarti disekitar anda pada masa lalu, seperti orang tua atau lainya. Pola asuh yang membuat anda rentan stress pada masa a Akibatnya anda senantiasa ingin memuaskan harapan mereka.    

 Kondisi Saat ini

Suasana kantor atau lingkungan rumah tidak ada ubahnya seperti masa lalu dimana anda masih anak nak , terlau banyak tuntutan, atasan sering tidak merasa puas dengan kinerja anda, atasa banyak banyak marah marah untuk sesuatu yang tidak terlau penting , rekan kerja bekerja semaunya dsb. Sehingga anda merasa resah terhadap kondisi lingkungan yang kerja yang anda hadapi.

Apa yang harus anda lakukan

1.       Bersyukur, artinya berterima kasihlah kepada prinsip diri sendiri bahwa anda ingin memberikan yang terbaik dari yang anda bisa ,  you need to be the best performance.
2.     Iman, yakini bahwa anda memang sudah melakukan yang terbaik dari yang anda bisa dan yakin Allah juga menghargai upaya anda. Sehingga anda tidak perlu merasa ada yang kurang saat menyerahkan hasil kerja yang telah anda selesaikan
3.     Ikhlas, terhadap penilian apapun dari atasan selama anda tidak menyalahi prinsip prinsip SOP yang telah ditentukan.
4.     Ridho dan Maaf kan diri sendiri karena anda tidak dapat mengerjakan lebih sempurna dari yang terbaik yang sudah anda berikan , memikirkan kesempurnaan hanya akan mengurangi rasa syukur, mengurangi rasa sykur akan mendatangkan kecemasan dan penderitaan.

Prospek masa depan

Tetaplah pertahankan harapan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan hidup anda tanpa harus menuntut kesempurnaan pada diri sendiri dengan demikian anda dapat menginspirasi orang lain. Dikarenakan dimasa depan tututan pekerjaan tidak hanya persoalan volume atau beban kerja tetapi juga mutu kinerja .

Anda ingin meningkatkan kinerja dan kapasitas kompetensi SDM anda bersama Kank Hari Santoso , Motivator MSDM Islami ,  berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam pengembangan Sunber Daya Manusia  sebagai praktisi dan konsultan di berbagai instansi dan perusahaan  nara sumber tetap be Smart  Muslim Radio SAS FM dan RRI

Hub : 085 730  64 1111

Tidak ada komentar:

Posting Komentar