Sabtu, 05 Maret 2011

Gonjang –ganjing PHK.& Cara Atasi Kecemasan


Gonjang –ganjing PHK.& Cara Atasi Kecemasan




Dedi,belakangan sangat resah karena kantor tempatnya bekerja akan segera dilkuidasi karena beberapa bulan terakhir mengalami kerugian.Sehingga ia mengalami demotivasi saat bekrja belakangan ini . Sementara belum satu perusahaan pun yang berencana mewawancarai kerja.Akhirnya dikantor lebih banyak murung dan bersedih….Lantas langkah apa yang semestinya diambil supaya tetap optimis


Pertama: Dia (Allah) Yang menciptakan segala sesuatu,Lalu Dia menetapkan atasnya qadar (ketetatapan ) denagan sesempurna –sempurnanya”. Qs Al Furqan :2

Jika anda memahami bahwa segala sesuatu ada ketatapan dari Tuhan maka yakini apapun yang terjadi adalah dalm rangka meyempurnakan perjalanan kehidupan anda. Dengan demikian keresahan kecemasan anda dapat meminimalisasinya.mka berusha mengendalikan dan mengelola kecemasan yang sedang menggelauti fikiran anda,dengan lebih berani melihat “hikmah “.Mulailah dengan menyusun daftar minat ,kemampuan bakat dan relasi yang anda miliki .

Selanjutnya mulai dengan mengidentifikasi keinginan anda dalam bekerja..”inginkerja seperti apa..?” Menilai diri sendiri dapat menemukan jalan yang ingin anda raih. Didunia karir yang demikian kompetitif ,memiliki waktu untuk mengenal diri akan membuat anad tahu bagaimana mengembangkan diri.Cukup banyak orang sukses berkarir pada perusaan competitor dari kantor yang mem PHKnya dan bahkan sukses jadi wirausahawan Jadi mengapa anda harus cemas belebihan selama anda meiliki semangat berusaha….!

Barangsiapa mengenali dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya ,dalam kondisi stress ketika kehilangan jati diri maka berusahalah mengenali Tuhanmu supaya kau dapat menemukan kekuatan tersembunyi dari dirimu.”


Kedua ,Optimis dan Tawakal

“Dan Ya’kub berkata :Hai anak anakku ,janganlah kamu bersama –sama memasuki dari satu pintu gerbang dan msuklah dari pintu –pintu gerbang yang berlain-lain ;Namun demikian aku tiada dapt melepaskan kamu barang sedikitpun dari takdir Allah. Keputsan menetapkan sesuatu hanyalh hak Allah kepadaNya lah aku bertawakal dan hendaklah kepadaNYa orang bertawakal berserah diri”. QS Yusuf :67.



Ayat ini memberi pelajaran kepada kita untuk berani membuka pintu pintu kesempatan lain .jangan berfokus pad derita karena di PHK ingat ada ragam profesi yang membuat orang sukses karena menggelutinya.Berpikirlah untuk menemukan peluang karena suatusaat anda akan dipertemukannya oleh takdir Tuhan.Gunakan setiap peluang untuk meningkatkan profil anda. Presentasi,menulis artikel dan mengembangkan hobi yang anda sukai akan memperkuat rasa percaya diri anda.



Tuhan sangat banyak memberikan ragam kehidupan sekaligus pintu pintu keberhasilannya. Jadi jangan merasa peluang anda sudah mentok.Karena anda akan merasa pesisimis jika anda merasa tak ada jalan keluar.”

Ketahuilah sesungguhnya manusia benar benar melampui bats karena dia melihat dirinya serba cukup .al-Alaq :6-7

Implementasinya :”jangan buat anda menjadi manusia yang keterlaluan hanya karena anda sudah mentok (serba cukup) sehingga tidak melihat bahwa tidak ada kesempatan dan peluang itu tak terbatas’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar