Senin, 29 Agustus 2011

Sarjana Akuntansi ,ingin menjadi Chief Financial Officer.



Ilmu Akuntansi ada dalam AlQur'an;

"Mereka itu akan memperoleh bagian dari apa yang mereka usahakan,dan Allah sangat cepat perhitungannya". QS Al Baqarah :202


Nama saya ,Mahendra saya baru diwisuda sarjana akuntansi ,saya kelak ingin menjadi CFO disamping jalur akademik (S2 keuangan ) , perilaku apa yang semestinya saya siapkan sejak kini ..?”.


Pertama ,Seorang CFO,,atau direktur keuangan dimasa mendatang tidak hanya mencermati/ mengawasi saja pelaporan kinerja keuangan secara transparan . Melainkan sudah makin terlibat dalam perencannaa dan problem solver bagi peran peran strategis perusahaan.Bukan hanya memolototi angka namun efektifitas penggunaan keuangan.Anda harus sanggup develop higher level to concentration.terutama memahami makna funding : kombinasi struktur modal yang optimal menyeimbangkan antara posisi pinjaman, dan equity.Disinilah peran CFO selaku finalcial advisor.



Kedua ,Menjaga keseimbangan antara profit ,people dan planet..Mindet seorang CFO harus lebih terbuka mempertimbangkan perusahaan tidak hanya untuk margin besar saja ,melainkan berpikir kepada kepuasaan karyawan dan pemegang saham untuk menjaga loyalitas dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan.Tuntutannya membangun high performance organization.Sekaligus menghitung resiko dalam Cost of Equity (CoE ) ,Stern Stewart & Co merumuskan CoE:resiko bisnis internal,resiko keuangan (uatang &modal ),resiko kemampuan membayar kewajiban (soverign risk )dan currency risk ,fluktuasi mata uang.



Ketiga ,Secara sederhana prinsip prinsip akuntansi yang sudah anda pelajari dibangku kuliah dapat diaplikasikan saat anda bekerja nanti adalah ;

1. Memahami dan mencari titik temu dari kesenjangan teori akuntansi yang anda dapatkan saat kuliah dengan praktik nyata di perusahaan (besar ).Secara mendasar praktik keuangan mencakup investasi,biaya modal ,deviden dan struktur permodalan.

2. Menurunkan biaya modal ,menggenjot pertumbuhan cash flow ,memperbaiki proses penganggaran,memperbaiki proses alokasi sumber keuangan perusahaan dsb


3. Membangun peningkatan efesiensi keuangan melalui pengawasan kinerja keuangan secara terintegrasi ,menggunakan perangkat ICT dalam system informasi keuangan. Serta kecakapan menjalain hubungan dengan departemen lain adalah kompetensi interpersonal.yang perlu dibangun disamping teori keuangan itu sendiri.


Yang paling penting teruslah beradaptasi dengan perubahan system akuntasi yang mungkin bisa berbeda dari yang anda dapatkan dari Kampus anda..!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar