Minggu, 28 Agustus 2011

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah dan Kesuksesan nya


Selepas menimba ilmu dari PTN ternama di daerah Jawa Barat,Anissa malah memilih menjadi tenaga pemasaran pada perusahaan consumer goods.Sejak 1997-2002 sejumlah merk camilan itu dipasrahkan kepadanya.

Anehnya,perempuan yang menjabat Marketing Manajer ini makin ketagihan menekuni dunia pemasaran.Bahkan ia ingin meniti karir dari dibidang marketing jauh dari ilmu yang pernah dipalajari bertahun tahun difakultas hukumnya dulu.

“Rasa cinta saya pada dunia marketing membuat mengalir begitu saja.Semakin saya menekuni semakin melekat rasa cinta kepada dunia marketing”.

Usai mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di dunia marketing pada perusahaan consumer goods ia bekerja di bidang hospitality Sebuah perusahaan perhotelan raksasa yang cabangnya ada dimana mana.Selanjutnya,tidak begitu lama ia mencoba bidang farmasi ,yang sama sekali belum pernah ia sentuh. Beberapa pruduk ternama yang ia harus kembangkan.

Sekalipun ini adalah hal baru bagi saya namun berbekal dari perusahaan sebelumnya saya yakin bisa sukses”.katanya.

Salah terobosan yang tak lazim kala itu adalah program edukasi konsumen melalui konsultasi kesehatan dan seminar kesehatan. Dari event di mal mal sepanjang tahun. Sementara itu iklan di media cetak dan TV dilakukannya guna mendongkrak awareness.

Kini akhirnya ia berhasil memetik hasilnya dari program yang berawal merebut Nice market 3-5 % dari pasar produk faarmasi kini bisa meraup angka diatas 20 % dari pangsa pasar yang tersedia.

Sebuah perjalanan karir yang tidak linear berbuah sukses.


Belajar dari Anissa dengan kasus “karir tidak linear berbuah sukses” adalah ;

Pertama ;Memiliki Acceptance of risk artinya berani secra fleksible keluar dari zona nyamanya yaitu belajar “ilmu “ dan pengalaman baru dengan resiko yang siap diterimanya.

Kedua : Persistence of Effort ,ketekunan dan konsistensi dalam menjalankan karir sehingga dapat mencapai puncaknya.


Ketiga : Contemporary & Visionary Outlook , sudut pandang disertai hasrat yang kuat untuk melihat kecermerlangan masa depan.


Keempat : Comprehensive Analysis ,memang dalam setiap pilihan keputusan menapaki sebuah karir memiliki resko kegagalan namun juga harus digali pula opportunities yang terbuka.


Kesediaan belajar ,mencintai profesi dan bersungguh sungguh akan membuat kesuksesan didepan mata. …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar