Selasa, 30 Agustus 2011

Talent Management Dan Magang


“Dan bahwa tiadalah untuk manusia ,melainkan apa yang diusahakannya,dan bahwa usahanya akan diperlihatkan kepadanya ,kemudian akan dibalas dengan pembalasan yang sempurna “. QS An Najm 39-41.

Salah satu hotel bintang lima dikota besar ,tidak menggunakan job hunter atau iklan di media masa untuk rekrutment karyawan baru.Melainkan menemukan keberbakatan calon karyawannya (talent management )melalui proses magang /trainee . Menurut Direktur HRD ,Selvi perusahaan itu sebagai berikut;

“Kualifikasi indeks prestasi akademik dan pengalaman dari calon karyawan tidak terlalu mutlak bagi kami ,kami memiliih bibit bibit yang bagus untuk kemudian dapat diasah dan dikembangkan di kemudian hari’”.

“Anak anak praktek kerja lapangan PKL atau anak magang selama 6 bulan,diantaranya outstanding untuk direkrut sebagai calon karyawan (trainee),melalui talent management..Tentu saja tidak secara otomatis diangkat menjadi karyawan.Pada saat perusahaan kami membutuhkan karyawan mereka kami panggil untuk mengikuti seleksi karyawan sesuai prosedur .”


“Kami memang tidak pernah road shows ke SMK atau Kampus kampus untuk mencari bibit potensial dan juga tidak mempunyai ikatan khusus dengan sekolah sekolah bersangkutan untuk pemenuhan kebutuhan calon karyawan. Prinsip equal employment opportunity kami gunakan sebagai proses pencarian karyawan berbakat,siapapun yang lolos seleksi pasti dapat bekerja ditempat kami’.

“Team rekrutmen karyawan kami adalah professional perusahaan ini yang tersertifikasi,mengingat sistem seleksi calon karyawan menggunakan Quality Selections Process menyebabkan hanya yang terbaik yang bisa kami jaring sekitar 2-5% dari pelamar yang bisa lolos.mengingat ditempat kami tidak menggunakan system kontrak kerja.”

“Salah satu strategi meraih loyalitas kinerja karyawan adalah menciptakan kebahagiaan dalam bekerja,orang bisa bekerja jika sesuai dengan want and talent nya.Kami berusaha untuk fokus dan optimis pada strength and opportunity seorang untuk maju bersama. Kami make sure pada core competence seorang karyawan dan menempatkan mereka sesuai keahliannya masing masing . Sehingga memang yang bekerja dibaidang masing masing hanya yang ahli .Mereka achievement lantaran memiliki passion”.


‘Kata kunci kami rekrutmen calon karyawan melalui trainee dalam talent management adalah setiap calon karyawan harus memiliki kemampuan know your self ,know your company ,excellence performance ini adalah ultimate purpose dalam perusahaan kami.’Extraordinary result through ordinary people”. Menutup Pembicaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar