Jumat, 25 November 2011

Menumbuhkembangkan Karakter Professional Dalam Berkarir ,Bagi Pemula


Saya baru saja diterima pada sebuah perusahaan Distribusi barang dengan jumlah karyawan yang lumayan banyak,sebenarnya pekerjaan ini bukan cita cita saya,walau pun saya lulusan Sarjana ekonomi.Namun saya ingin belajar untuk sukses pada pekerjaan pertama saya,langkah apa yang saya harus lakukan.. ?


“Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. QS Al Azukraf :13-14

Kesadaran untuk sukses pada bidang kerja adalah langkah optimis menatap karir profesi,selanjutnya perlu dikembangkan karakter berkarir yang professional. Seperti :

Komitmen :Integritas anda terletak pada komitmen pribadi pada pekerjaan anda,berbekal keilmuan yang anda miliki semestinya anda dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan effisien.Komitmen terhadap kesungguhan mencapai target perusahaan yang dibebankan kepada anda tanpa mengeluh akan membuat anda ,lebih betah kerja di bidang yang belum anda kenal.

Disiplin : perwujudan dari komitmen anda pada pekerjaan tercermin dari sikap kedisiplinan dalam menjalankan tugas . Mulai dari disiplin waktu,disiplin dalam ketuntasan tugas serta disiplin dalam mentaati aturan perusahaan dapat membuat anda merasakan kebermaknaan dalam menjalani profesi.

Kerja keras : kerja keras bukan hanya menambah volume pekerjaan namun menyelesaikan beban kerja sesuai jadwal dan melampui deadline adalah bentuk kesungguhan anda dalam bekerja. Sehingga pihak lain juga dapat menyelesaikan tugas seperti jadwal yang telah ditentukan.

Team work : Guna sukses dalam menjalankan visi misi strategi perusahaan anda tidak menjalankan tugas anda tidak bisa bekerja sendirian . Dukungan rekan satu tim ,dukungan departemen / bidang lain amat berperan .karena mikilah kecakan membangun kebersamaan dalam team work.

Pelayanan : pelayanan kepada customer menjadi ukuran keberhasilan tugas anda. kenali “costumer anda”, internal perusahaan: atasan ,bidang kerja lain atau costumer sesungguhnya yaitu konsumen yang membeli jasa perusahaan anada. Pastikan mereka dapat terlayani dengan baik sehingga merasa puas costumer satisfaction. Layani dengan penuh ketulusan sesuai dengan prosedur yang jelas.

Kembangkan karakter professional ini guna menunjang keberhasilan masa depan karir anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar