Rabu, 09 November 2011

TIPS ;Melatih Karakter Anak SMP Sebagai “Pekerja Kesehatan


“Kank sepertinya pekerja kesehatan di masa depan adalah prospek yang cerah,saya pikir kalau knowledge banyak lembaga yang sudah menyediakan namun bukankah sikap mental itu penting,Jadi bagaimana saya harus melatih anak saya saat ini kelas VIII ,cita cita nya ingin menjadi dokter?”

Sikap mental utama yang harus dimiliki seorang pekerja kesehatan ,dokter bidan,terapis dsb adalah kemampuan berempati kepada pasien disamping pengetahuan tentang bidang kerjanya.Pelayanan secara total pekerja kesehatan adalah solusi bagi kebutuhan akan kesehatan dengan tetap menjaga keramahan ,kenyamanan,privasi dan kepuasan pasien.Sedang cara terbaik melatih empati anak guna membangun karakter sikap mental sebagai pekerja kesehatan adalah dengan memberikan pengalaman merasakan mendapatkan empati oleh orang tuanya .

1. Ekspresikan cinta kasih anda kepada anak dengan sentuhan fisik seperti memeluk mereka ,menepuk pundak,mencium keningnya dsb.Sentuhan fisik akan menguatkan bukti bahwa anda benar benar mecintai serta menyayanginya.Sehingga sikap mental yang kelak bakal tumbuh adalah memiliki kemampuan menghargai orang lain ,memiliki sifat melayani,serta memiliki rasa peduli yang mendalam.

2. Berikan kelembutan hati dalam memperlakukan mereka ,hargai keunikan anak dan biarkan mereka menemukan kebahagiaan kebagian kecil yang mereka rayakan,seperti mendapat nilai bagus ,mendapat bonus pulsa sms dsb.Dukunglah perasaan mereka dan berilah kesempatan kepada mereka agar dapat mengekspresikan perasaannya.Agar tumbuh pada diri anak sikap mental penuh kasih ,penuh perhatian ,setia ,peka penderitaan orang lain ,memiliki ketenangan dalam bertugas dan patuh pada aturan.

3. Jadilah pendengar yang baik ,bersabarlah sampai anak selesai berbicara biarkan dia bebas berbicara,berikan perhatian penuh saat dia berbicara agar kelak dia belajar bagaimana caranya mendengar keluhan pasien dengan sabar.mereka kelak akan sangat menghargai orang lain dan berusaha memahami.

4. Upayakan tidak mudah mengeluh dihadapan anak ,jangan menggunakan paksaan dalam pengambilan keputusan terutama untuk kepentingan anak. Namun tunjukkan ketegasan pada prinsip yang yang harus dijalani sebagai pedoman hidup ,melalui keteladanan anda .Biarkan anak menampilkan ketrampilan ketrampilannya secara bertanggung jawab.

Berikan anak kasih sayang secara supaya kelak memiliki ketulusan hati dalam melayani masyarakat.Karena ketulusan pelayanan akan mendatangkan rezeki..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar