Minggu, 11 September 2011

Belajar dari Pengalaman Pegawai Senior ,Mengapa Tidak..! (Islamic Interpersonal Intelligence )

Kank,saya akan ditempatkan di sebuah  kantor cabang  yang para karyawannya para senior artinya lebih banyak ‘kaum tua” sebagai Manajer tentu saya harus belajar menyesuaikan diri.Bekal apa saja yang semestinya saya bawa..?”.



Sesungguhnya orang orang mukmin itu bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan rahmat “. Qs Al Hujurat ;10.

“Often ,management teams chose a strategic direction without  systematically exploring alternatives . It is not always easy to persuade strategy teams to explore unfamiliar options. Use tools that force strategic thinkers to consider clearly differentiated options ”.Lee Tom Perry

Berhadapan  dengan para senior  memang merupakan tantangan tersendiri mengingat mereka merasa lebih berpengetahuan  berpengalaman, dan establish di zona nyaman.Namun  bukan berarti mereka tidak bersahabat dengan kaum muda dan perubahan.Karena itu anda semestinya bisa meningkatkan respond and relationship dari mereka.Kenali syarat penerimaan  dari para senior ini:

Pertama : Memberikan Value

 Nilai nilai kehidupan yang bermakna lebih muda diterima kelompok ini seperti nilai keagamaan ,kesehatan ,social dan kemasyarakatan.berkomunikasi lah dengan mereka secara menarik yang dapat ,menyentuh sisi emosio nalnya.Perintah secara langsung  sepertinya tidak cocok untuk karyawan senior yang sudah memilki pendidikan dan pengalaman, cara seperti ini  hanya akan dianggap anda menggurui  dan sok tahu.Maka  dengan menggunakan bahasa yang inclusive (melibatkan),open minded ,sikap menghormati anda bakal menerima rsepon positif dari mereka.Seperti menurut “Pengalaman bapak jika kita mengahdapi tantangan semacam ini apa yang bisa kita lakukan…?”  .

Kedua . Bahasa Sederhana

Kerumitan istilah atau bahasa yang lebih mengarah pada konsep konsep baru dalam menjalankan organisasi hanya akan membuat para senior alergi .Lantaran mereka lebih mengandalkan pengalaman mereka selama bertahun tahun dipersuhaan itu. Meraka sudah makan pahit getirnya kehidupan pekerjaan yang dijalani.Disamping mereka beranggapan bahwa konsep baru yang anda paksakan belum terbukti.Mereka para karyawan senior yang berpengalaman  menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk menguji fakta dibandingkan anda yang masih muda. “belajarlah dari para senior yang berpengalaman lalu ajaklah membuat perusahaan lebih maju lantaran  peran serta .mereka..!”.


Ketiga ,Bersabarlah

Meskipun kadang kadang respon mereka lebih emosional terhadap perubahan yang mungkin anda tawarkan,namun kepribadian dan kesabaran anda akan membuat mereka akan mendukung anda.mempengaruhi karyawan senior dan berpengalaman memang bukan hal mudah ,mereka lebih matang dalam menyeleksi informasi sebelum mencernanya.pesan yang dianggap berseberangan bakal di delete. Efektifitas respon terhadap suatu pesan perubahan bergantung pada keyakinan dan padangan hidup mereka.karena itu libatkan mereka dalam ide ide kreatif serta angin perubahan kemajuan perusahaan ,berilah mereka peran untuk mewujudkannya.

"Lebih dari itu jika anda dirasakan sebagai pribadi yang menentramkan hatinya lantaran mampu merancang “value yang menyentuh aspirasi tertinggi mereka. Anda akan di sayang sekaligus didukung..!”.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar