Kank,saya akan
ditempatkan di sebuah kantor cabang yang para karyawannya para senior artinya
lebih banyak ‘kaum tua” sebagai Manajer tentu saya harus belajar menyesuaikan
diri.Bekal apa saja yang semestinya saya bawa..?”.
“Sesungguhnya orang
orang mukmin itu bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan
bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan rahmat “. Qs Al Hujurat ;10.
“Often ,management
teams chose a strategic direction without
systematically exploring alternatives . It is not always easy to persuade
strategy teams to explore unfamiliar options. Use tools that force strategic
thinkers to consider clearly differentiated options ”.Lee Tom Perry
Berhadapan dengan
para senior memang merupakan tantangan
tersendiri mengingat mereka merasa lebih berpengetahuan berpengalaman, dan establish di zona
nyaman.Namun bukan berarti mereka tidak
bersahabat dengan kaum muda dan perubahan.Karena itu anda semestinya bisa
meningkatkan respond and relationship dari mereka.Kenali syarat penerimaan dari para senior ini:
Pertama : Memberikan
Value
Nilai nilai kehidupan
yang bermakna lebih muda diterima kelompok ini seperti nilai keagamaan
,kesehatan ,social dan kemasyarakatan.berkomunikasi lah dengan mereka secara
menarik yang dapat ,menyentuh sisi emosio nalnya.Perintah secara langsung sepertinya tidak cocok untuk karyawan senior
yang sudah memilki pendidikan dan pengalaman, cara seperti ini hanya akan dianggap anda menggurui dan sok tahu.Maka dengan menggunakan bahasa yang inclusive
(melibatkan),open minded ,sikap menghormati anda bakal menerima rsepon positif
dari mereka.Seperti menurut “Pengalaman bapak jika kita mengahdapi tantangan
semacam ini apa yang bisa kita lakukan…?” .
Kedua . Bahasa Sederhana
Kerumitan istilah atau bahasa yang lebih mengarah pada
konsep konsep baru dalam menjalankan organisasi hanya akan membuat para senior
alergi .Lantaran mereka lebih mengandalkan pengalaman mereka selama bertahun
tahun dipersuhaan itu. Meraka sudah makan pahit getirnya kehidupan pekerjaan
yang dijalani.Disamping mereka beranggapan bahwa konsep baru yang anda paksakan
belum terbukti.Mereka para karyawan senior yang berpengalaman menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk
menguji fakta dibandingkan anda yang masih muda. “belajarlah dari para senior
yang berpengalaman lalu ajaklah membuat perusahaan lebih maju lantaran peran serta .mereka..!”.
Ketiga ,Bersabarlah
Meskipun kadang kadang respon mereka lebih emosional
terhadap perubahan yang mungkin anda tawarkan,namun kepribadian dan kesabaran
anda akan membuat mereka akan mendukung anda.mempengaruhi karyawan senior dan
berpengalaman memang bukan hal mudah ,mereka lebih matang dalam menyeleksi
informasi sebelum mencernanya.pesan yang dianggap berseberangan bakal di
delete. Efektifitas respon terhadap suatu pesan perubahan bergantung pada keyakinan
dan padangan hidup mereka.karena itu libatkan mereka dalam ide ide kreatif serta
angin perubahan kemajuan perusahaan ,berilah mereka peran untuk mewujudkannya.
"Lebih dari itu jika anda dirasakan sebagai pribadi yang
menentramkan hatinya lantaran mampu merancang “value yang menyentuh aspirasi
tertinggi mereka. Anda akan di sayang sekaligus didukung..!”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar