“Dengan mengembangkan
Costumer centric ,berfokus pada kebutuhan konsumen kami dapat meningkatkan
nasabah kami higga dua kali lipat.meningat nasabah saat ini senakin pintar dan
banyak menuntut serta kritis.menghadapi persaingan yang ketat sekaligus memenuhi
ekspektasi nasabah bahkan melampui harapannya.”
“Dalam Industri
perbankan tidak cukup memberikan kemudahan
dalam administrasi dan dokumentasi penyajian laporan transakasi ,pelayanan
costumer service yang ramah,sopan dan berkompetensi ,penggunaan ICT yang
lengkap mudah dan mudah diakses dsb .Namun juga keragaman produk yang sesuai
tuntutan konsumen”. Kata Kurniadi ,seorang manajer muda bank swasta.
Sebagai Manajer yang
menagani “product development banking”. ,sekalipun lulus Officer Development Program di bank
Swasta Kurniadi dituntut inovatif dalam memberikan gagasan ide ide
baru.Mengingat ia bertanggung jawab terhadap pengembangan layanan perbankan dan
institusi ritel.
Secara umum tahapan
berpikir Inovatif yang mencakup
gagasan orisinil,aplikatif dan berhasil nyata dalam idustri perbankan
dan lainnya adalah sebagai berikut:
Pertama : Mengenali
layanan secara umum (generic idea) . untuk personal loan umumnya yang di cari
konsumen adalah simplicity dan kecepatan dalam memperoleh pinjaman. Secara umum
bank yang dapat memberikan layanan itu pasti yang didatangi nasabah.banyak yang
bisa dilakukan .Pada tahap ini seperti mengamati layanan perbankan The best bank,Etnography study /FGD
untuk menemukan produk yang dibutuhkan konsumen dsb.
Kedua ; Specific Idea;setiap
nasabah dari semua segment consumer banking memiliki karakteristik ,latar
belakang,need ,want dan anxiety sendiri sendiri, Ide spesifik untuk bisa
mendisain produk yang tepat sesuai kebutuhan mereka akan mendatangkan kesetiaan
pelanggan.seperti nasabah yang memiliki perusahaan mereka membutuhkan jasa cash
management ,financial membuta investment product yang tepat kebutuhan mereka.
Ide yang muncul
selanjutnya dijalankan dengan menyusun rancangan strategis,estimasi dan poyeksi
seberapa besar daya serap pasar. Uji konsep dari ide ini bisa dilakukan dengan
test pasar ,bertanya dari segi konsumen,daya serap pasar ,target konsumen dan
target serta segment yang dituju.
Ketiga ,Proaktif
,Untuk memenuhi kebutuhan pasar beberapa bank secara pro aktif bahkan menurunkan suku bunga,semua need anad
want nasabah dari beberapa perbankan diberikan layanan dalam kualitas produk,
biaya suku bunga,jaringan distribusi
seperti kantor cabang,atm layanan berbasisi ICT dsb . Serta bank bank
itu gencar berpromosi melalui berbagai macam media massa.
Produk baru akan terus bertumbuh dimasa depan sesuai perkembangan
need, want and anxiety konsumen secara individual.gerakan pro aktif adalah
menjadi yang pertama di mata konsumen sebelum pesaing. Agar varian baru dapat
menjadi kan pemilik brand berkomunikasi sesuatu yang baru dan unik kepada
konsumen. Sehingga brand
image bersangkutan adalah Inovatif”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar