Senin, 26 September 2011

Tahap Berpikir Inovatif dalam “Dunia” Perbankan

“Dengan mengembangkan Costumer centric ,berfokus pada kebutuhan konsumen kami dapat meningkatkan nasabah kami higga dua kali lipat.meningat nasabah saat ini senakin pintar dan banyak menuntut serta kritis.menghadapi persaingan yang ketat sekaligus memenuhi ekspektasi nasabah bahkan melampui harapannya.” 


“Dalam Industri perbankan  tidak cukup memberikan kemudahan dalam administrasi dan dokumentasi penyajian laporan transakasi ,pelayanan costumer service yang ramah,sopan dan berkompetensi ,penggunaan ICT yang lengkap mudah dan mudah diakses dsb  .Namun juga keragaman produk yang sesuai tuntutan konsumen”. Kata Kurniadi ,seorang manajer muda  bank swasta.


Sebagai  Manajer yang menagani “product development  banking”. ,sekalipun lulus Officer Development Program di bank Swasta  Kurniadi dituntut inovatif  dalam memberikan gagasan ide ide baru.Mengingat ia bertanggung jawab terhadap pengembangan layanan perbankan dan institusi ritel.

Secara umum tahapan  berpikir  Inovatif  yang mencakup  gagasan orisinil,aplikatif dan berhasil nyata dalam idustri perbankan dan lainnya adalah sebagai berikut:

Pertama : Mengenali layanan secara umum  (generic idea) . untuk personal loan umumnya yang di cari konsumen adalah simplicity dan kecepatan dalam memperoleh pinjaman. Secara umum bank yang dapat memberikan layanan itu pasti yang didatangi nasabah.banyak yang bisa dilakukan .Pada tahap ini seperti mengamati layanan perbankan The best bank,Etnography study /FGD untuk menemukan produk yang dibutuhkan konsumen dsb.



Kedua ; Specific Idea;setiap nasabah dari semua segment consumer banking memiliki karakteristik ,latar belakang,need ,want dan anxiety sendiri sendiri, Ide spesifik untuk bisa mendisain produk yang tepat sesuai kebutuhan mereka akan mendatangkan kesetiaan pelanggan.seperti nasabah yang memiliki perusahaan mereka membutuhkan jasa cash management ,financial membuta investment product  yang tepat kebutuhan mereka.

 Ide yang muncul selanjutnya dijalankan dengan menyusun rancangan strategis,estimasi dan poyeksi seberapa besar daya serap pasar. Uji konsep dari ide ini bisa dilakukan dengan test pasar ,bertanya dari segi konsumen,daya serap pasar ,target konsumen dan target serta segment yang dituju.


Ketiga ,Proaktif ,Untuk memenuhi kebutuhan pasar beberapa bank secara pro aktif  bahkan menurunkan suku bunga,semua need anad want nasabah dari beberapa perbankan diberikan layanan dalam kualitas produk, biaya suku bunga,jaringan distribusi  seperti kantor cabang,atm layanan berbasisi ICT dsb . Serta bank bank itu gencar berpromosi melalui berbagai macam media massa.

Produk baru akan terus bertumbuh dimasa depan sesuai perkembangan need, want and anxiety konsumen  secara individual.gerakan pro aktif adalah menjadi yang pertama di mata konsumen sebelum pesaing. Agar varian baru dapat menjadi kan pemilik brand berkomunikasi sesuatu yang baru dan unik kepada konsumen. Sehingga   brand image  bersangkutan adalah Inovatif”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar