Minggu, 11 September 2011

Implementasi Jujur ,Dalam Mutu Kinerja Auditor

“ (para Rosul diutus ) dengan membawa bukti bukti dan kitab kitab. Dan kami telah menurunkan kepadamu  (Muhammad) adz –dzikir untuk engkau jelaskan kepada seuruh manusia apa yang diturunkan kepada mereka dan semoga mereka mau berpikir”.QS An Nahl 44.





“the competent  leaders must  have long range vision ,and be able to see not only through  his own eyes but through the eyes of others”.


 Sebagai auditor perusahaan  akuntan dan audit ,Irwanto  pria berusia 29 tahun tergolong sukses ,sebentar lagi dipromosikan sebagai kepala cabang di Indonesia Barat. Ketika saya tanya apa resep suksesnya,beliau hanya menjawab “ah biasa saja ,semua nya hampir sama prosedurnya dengan yang lain. Yang penting berikan yang terbaik dan tawakal”.Katanya merendah.

Pria ,arek Kediri   kali pertama bekerja sebagai staf  keuangan di Pabrik sepatu dikawasan Rungkut. Perusahaan itu adalah yang pertama kalinya dalam sejarah pekerjaannya.Mengingat ,Irwanto  lebih banyak menekuni urusan kuliah. Begitu meraih sarjana akuntansi ,langsung bekerja  di pabrik bersangkutan . Seusai bekerja  kemudian melanjutkan  ke Magister Manajemen dengan mengambli konsentrasi dibidang Akuntansi.Setelah menyandang gelar MM(ak)  selanjutnya menancapkan karirnya di perusahaan auditor tempatnya bekerja saat ini.


Irwanto merasa memiliki modal besar sebagai auditor keuangan.”Kuliah saya di MM cukup relevan dengan auditing dan accounting “. Jelasnya.


”Disini saya mengembangkan proyek sekaligus menyusn SOPnya untuk team kami . Mulai dari planning ,field work and administration .Sedangkan untuk etos kerja team kami mendorong setiap individu memiliki kredibilitas personal,independensi auditor ,keterbukaan pelaporan kepada kreditor dan para pemegang saha,,pengetahuan terhadap industry klien dedikasi pada profesi ,termasuk mengatasi sikap skeptis auditor pada auditee.Sementara itu dalam pelayanan saya harus menciptakan semangat pelayanan ; responsiveness to client needs sampai pada prior experience of client all positively associated with client satisfaction . Secara sederhana Auditor harus memiliki kualitas tehnis berkaitan dengan temuan ,simpulan dan pendapat atas pemeriksaan harus jelas,konsisten ,mudah diakses dan objektif  .”Penjelasan panjang lebar ,yang meyakinkan saya, Irwanto memang pantas menduduki jabatan barunya Kepala Cabang Indonesia Timur.    

 Di masa depan untuk mengatasi Korupsi dan berbagai macam skandal di Negara ini yang memporak porandakan kepercayaan publik, dibutuhkan akuntan /auditor yang berkualitas dan Amanah “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar