Selasa, 06 September 2011

“Mencuri ilmu” dari staf senior berprestasi ,mengapa tidak..?




“Dan bekerja samalah  kamu dalam kebaikan dan taqwa dan jangan bekerja sama dalam dosa dan pelanggaran  “QS Al Maidah  ;2

  “A spirit of sharing and caring where people give cheerfully of their time ,knowledge and experience “. Goolde Rule Of   Mary kay  Cosmetic Philoshophy


Kank ,saya baru saja diterima sebagai  Costumer Service , walaupun saya lulusan Fakultas Sastra saya memang menyukai tantangan.Jujur saya memeng belum pernah dapat “ marketing knowledge “  dari bangku kuliah . Saya suka belajar secara otodidak ,minggu depan saya masuk masa percobaan selama 3 bulan sebelum kontrak  .Saya ingin mencuri ilmu adari staff senior  yang berprestasi ,apa yang mesti saya pelajari..?



Sebelumnya saya ucapkan selamat sudah diterima kerja sebagai CS. Saya suka istilah mencuri ilmu dari staff senior artinya meng up grade performance melalui pengamatan langsung dari” ahlinya”.

Pertama :Attitude

Hampir semua perusahaan dapat dipastikan sudah memberikan training tentang knowledge dan Knowhow setiap karyawan yang akan diterjunkan  ke medan tugas.namun karyawan yang berprestasi memiliki etos kerja yang handal baik dalam performance maupun alokasi waktu.Mereka sangat sadar bahwa budaya pelayanan adalah membangun integritas pribadi ,Jadi “curilah “ attitudenya untuk selajutnya anda tiru..!


Kedua,Performance

Kinerja karyawan berprestasi biasanya beda dengan karyawan biasa,terlihat dari performancenya dalam menjalankan tugas.Curilah ilmunya saat  bagaimana dia berkomunikasi kepada ,atasan konsumen dan kolega,ketrampilan mencari fakta dan data,kecakapan menerima kompalain dan keluhan atas hasil kerjanya, kemampuan komunikasi termasuk negoisasi,diskusi dan presentasi,kemampuan menyusun sebuah laporan ,kemampuan memotivasi diri dan orang lain .dsb.

 Intinya semua atribut  yang membuat karyawan tersebut layak disebut berprestasi.dengan demikian anda punya role model yang begitu dekat.Jangan segan segan untuk berani bertanya kepadanya..!



Ketiga ,Spirit


Karyawan berprestasi memiliki prinsip mencintai profesinya,job meaning.Mereka sangat bangga dan merasa bermakna atas profesi yang dijalaninya.Profesional,meningkatkan kemampuan diri dan berperstasi adalah puncak kepuasaannya dalam bekerja.Mereka memiliki rasa syukur atas profesi yang dilakoninya dengan terus  berupaya memberikan yang terbaik dari yang mereka bisa . Spirit inilah yang mampu mengantar mereka ke puncak prestasi dalam bekerja.


Curilah “ilmunya ‘ bukan hanya knowledge dan knowhow  tapi juga mental dan spiritnya…!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar