Senin, 21 November 2016

Akibat Psikologis Ikuti Dorongan Ingin Disukai Semua Orang Dikantor dan Solusinya




Kank Hari Santoso , Dai Motivator Muslim Kantoran Indonesia
Kank , sebagai staff yunior saya  tidak ingin mengecewakan semua karyawan yang ada disini dan ingin membuat mereka semua suka pada saya  , ujungnya saya jadi merasa kehilangan jati diri, Lantas apa yang harus saya lakukan..?”

Sebagai muslim  kita harus ingat Rosulullah bersabda  “ segala amal perbuatan  sangat bergantung dari niat dan akan mendapatkan dari apa yang diniatkannya” implementasi nya dalam kasus yang anda hadapi adalah karena niat anda menyenangkan semua orang  mungkin saja niat anda  akan tercapai namun anda menjadi tidak bahagia karena anda tidak jarang  menipu diri sendiri  untuk membuat mereka senang. Padahal memang tidak ada ceritanya orang bisa berhasil menyenangkan semua orang, pasti ada suka dan tidak suka, pro atau kontra. Jadi bukan saja niat anda tidak tercapai namun niat yang salah perlu diperbaiki: Yang harus anda lakukan:


1.      Niatkanlah setiap perbuatan untuk semata mata karena Ibadah kepada Allah, contoh :” hari ini saya berniat menyelesaikan tugas sebaik baiknya semata mata karena Allah, apapun hasilnya dilihat atasan  (orang lain ) atau tidak, tidak akan berpengaruh pada apa yang saya lakukan, Bimillahirohamnirrohim”.

2.    Jadilah diri sendiri, biarkan rekan kerja  menyukai anda  karena  apa adanya  dan bukan anda  yang menuruti  semua kemamuan mereka. Karena jika anda  hanya menuruti apa mau mereka hanya membuat anda  terlalu banyak  pakai topeng , cemas  dan  takut akan dibenci atau dikucilkan  oleh mereka , padahal seorang sahabat sejati adalah orang yang bisa menerima sahabat apa adanya. 

3.    Jika Anda  selalu menuruti kemauan mereka diluar prosedur kerja anda akan mudah diatur oleh mereka  dengan memanipulasi perilaku pura pura baik, padahal sebenarnya hanya akan memanfaatkan  hingga anda  akan jadi korban, menuruti mereka gak ada habisnya .

4.    Jangan lantaran anda  takut dibenci mereka lantas anda  harus menyenangkan semua orang, ingat tak ada rekan kerja yang benar benar memperhatikan dan menyukai anda  karena mereka sebenarnya sibuk memperhatikan dan menyukai diri sendiri. 

5.    Jujurlah diri pada diri sendiri mana yang pantas anda lakukan dan tidak, daripada sekedar menutup mata pada kebenaran dan kebaikan  hanya karena anda enggan berkonflik  dan ingin menyenangkan mereka .

6.    Biarkanlah urusan mereka manjadi urusan mereka jangan ikut campur hanya karena anda  ingin menyenangkan nya.

“Pikirkanlah untuk apa anda  menjadi favorit dan disukai  semua rekan kerja  jika anda hanya jadi badut untuk kesenangan mereka”.  Konsultasi Karir Psikologi Islami bersama :Kank Hari   Santoso Dai’ Motivasi Kantoran  Muslim  Sukses  Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar