Sabtu, 12 November 2016

Leadership Skill District Manager: Rahasia Menghindari Cemas dengan Cepat




Kank Hari TQM Training, Motivator SDM Surabaya
Seorang district manager yang baru setengah bulan menjabat sudah mulai membaca banyak kejanggalan dari beberapa oknum karyawan seniornya, mulai dari kedisplinan, laporan administrasi sampai perlakuan tidak adil kepada karyawan lainnya. 

“ Mulanya saya cemas , Mas Hari  karena dia karyawan senior yang sudah bekerja bertahun tahun diperusahaan dan katanya orang kepercayaan big bos..?”

“Mengapa bapak cemas..?”


“Pertama , saya dibayar sebagai manajer untuk mengelola perusahaan ini dengan  lebih baik sementara yang terjadi berbanding terbalik, kedua  jika saya membiarkan hal ini terjadi pasti menimbulkan konflik dan  ketidak percayaan pada kepemimpinan kantor cabang ini “.

“Bukankah Bapak bisa mengembangkan manajemen konflik..?”

“Tidak Mas Hari konflik yang terjadi bukan karena saya ciptakan sebagai  strategi manajemen konflik , melainkan konflik yang timbul karena kebodohan saya dalam memimpin dan menciptakan system  yang tidak baik yang saya biarkan, bukankah  jika  kemungkaran dibiarkan maka kebaikan akan hilang’”.

“Lantas kapan moment of truth  menata ulang system yang mendekati amburadul itu..?

“Satu bulan pada saat evaluasi periodic  capaian hasil kinerja , saya mengundang  Big BOS  untuk memperkuat asumsi karyawan bahwa saya diberi kepercayaan penuh  dan kewenangan untuk memimpin kantor cabang ini secara lebih baik, maju bersama seluruh karyawan disaksikan semua karyawan..”

“Termasuk karyawan senior yang katanya dekat dengan Big Bos..? “

“Tanpa terkecuali, Selanjutnya saya mengajak para karyawan untuk kembali menuju visi dan misi  luhur dari perusahaan tanpa terkecuali,..termasuk jika saya salah boleh ditegur, karena hokum akan tegak jika fairness, maksudnya tajam kesemua arah..?”.
“Kepada senior itu bagaimana..?”

"Lalu, sehari  setelah aturan kami sepakati karyawan senior itu  sepertinya membangkang, namun sekali lagi ilmu  tai chi management  saya gunakan..?"

"Maksudnya,..?"

“Kelembutan bisa mengalahkan segalanya, saya lakukan personal approach untuk mendapatkan insight saat ini ia adalah karyawan yang paling prestasi diantara semuanya..?”  

Insight Management values, seringkali mekanisme ego membuat seorang yang merasa menjadi atasan  tergesa gesa melakukan serangan mematikan dengan melakukan tindakan agresif sebagai cara paling mudah orang yang dianggap menjadi ancaman bagi jabatannya. Kecepatan memang di perlukan sebelum mereka melakukan serangan yang mematikan , namun menggali insight dari orang kotroversial  dapat menjadi andalan sebagai energy yang menguatkan.  

Menghadapi para “pemberontak “ gunakan lah taktik “Daripada menjadikan mereka musuh lebih lunakkan hatinya agar menjadi panglima terberani dalam membela kepentingan perusahaan “ Kank Hari TQM Training, Ustadz MSDM Perusahaan Modern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar