Senin, 21 November 2016

Akibat Psikologis Minder di Kantor dan Solusi




Kank Hari Da'i Motivator   Muslim Kantoran   Surabaya
“Kank, saya sepertinya bernasib buruk , tidak seperti mereka  rekan rekan  mereka PD , anaknya orang dalam , gaya hidupnya wah, lama kelamaan kok saya jadi minder sendiri ya..?’

Prasangka baik terhadap diri sendiri amat dianjurkan oleh rosulullah “Karena Allah hanya akan mengikuti prasangka hambanya”, jika anda berprasangka tidak baik pada diri sendiri maka Allah akan mengabulkan prasangka anda”. Prasangka terhadap diri sendiri itulah yang sering disebut sebagai konsep diri dalam ilmu psikologi, yakni cara pandang seseorang terhadap dirinys sendiri. Konsep diri inilah yang  membuat anda memiliki rasa percaya diri yang kuat atau sebaliknya pribadi yang mudah minder.  


Dengan rasa percaya diri yang kuat anda akan memiliki harga diri  positif yang kuat ketika bergaul dengan siapapun sehingga citra diri anda akan kuat dalam pandangan mereka. Demikian juga sebaliknya jika anda minder anda akan mersa tidak memiliki persahaan berharga dihadapan mereka dan citra diri anda pun tak lagi dihiraukan oleh mereka . Oleh karena itu  berprasangka yang baik dan percaya diri itu penting, berikut kiatnya;

1.     Terimalah kondisi  saatini , yakinlah diri anada unik memiliki banyak keunggulan dan  perbaiki diri secara perlahan , wujudkan lah mimpi secara bertahap , ambil contoh jika saat  anada hanya staff terima sajalah karena banyak orang yang bahkan mau menjadi pegwai walau kadang harus bayar uang jutaan . Capailah prestasimu secara bertahap  agar jenjang karir  meningkat.

2.    Jangan ingin tampil sempurna  karena manusia taka da yang sempurna setiap orang punya keurangan dan kelebihannya masing masing . Jadikan kesalahan dan ketidak sempurnaan  sebagai sarana belajar untuk perbaikan dari pada terus menerus cemas, menyesal dan mengeluh . 

3.    Fokuslah pada perbaikan mutu  prasangka  baik kepada diri sendiri  dalam pikiran , perasaan dan perilaku  untuk peningkatan perbaikan  kualitas kinerja , upayakan agar hari ini lebih baik dari hari kemarin.

4.    Percayalah pada kemungkinan untuk berhasil daripada menyalahkan keadaan dan putus asa karena sesungguhnya Allah, memiliki sifat Jaiz yakni Maha Memungkinkan sesuatu.

5.    Tetaplah berdo’a agar keyakinan anda  untuk berhasil mendapat BantuanNya. 

Jika anda merasa bukan makhuk yang sempurna justru inilah rencana Allah membakitkan potensi unggul yang anda miliki untuk menjadi lebih baik dalam mutu kehidupamu”. Konsultasi Karir psikologi islami bersama :Kank Hari Santoso, Dai Motivasi   Moslem Kantoran Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar